Santri Kecanduan Quran, Pontren Kauman Gelar Tasmi’ Tahfidz Quran

Padang Panjang, Humas Kauman – Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggelar agenda Tasmi’ Tahfidz Al –Quran kategori 2 dan 5 juz di Aula St. Mansur dan Aula Hamka pada Jumat (3/2/3023).

Terdapat dua kategori di pelaksanaan tasmi’ ini, yakninya  2 Juz untuk santri MTs dan 5 Juz untuk santri MA. Peserta tasmi’ 2 Juz yaitu Shuko Philliani (Juz 29 dan 1) dan Latifah Sirri Makwa (Juz 1 dan 2) sedangkan 5 Juz diikuti oleh Igo Giova Efendi (Juz 21 – 25) dan Muhammad Efandra (Juz 1-3, 29, 30).

Pada agenda Tasmi’ Tahfidz, peserta Tasmi’ akan melantunkan hafalan Quran yang telah dimiliki, dan disimak oleh mustami’/mustamiah serta didengarkan oleh santri lainnya.  Kegiatan ini merupakan program bulanan asrama Kauman guna mengontrol hafalan santri.

 

Ogi Fathur Rahman, S.Hum menggungkapkan bahwa “Tasmi’ Tahfidz ini adalah akumulasi dari upaya santri dalam menghafal Quran. Santri diminta untuk menghafal Quran sebelum Shubuh datang dan setoran selepas magrib sehingga mereka mencapai target hafalan harian yaitu 4 halaman untuk kelas umum dan 8 halaman untuk kelas keagamaan. Hal ini berlaku untuk tingkat MTs maupun MA” ucap Koordinator Tahfiz Asrama Pa Tersebut.

Ia berharap melalui program ini, “santri dapat mengganti hobinya dari yang kecanduan gadget menjadi kecanduan Al-quran. Selalu dekat dengan Quran. Menjadikan Quran sebagai identitas. Dan semoga santri lainnya yang menyaksikan tasmi’ kali ini termotivasi untuk memacu hafalan quranya,” tuturnya.

 

Insan Adha Hasibuan menggucapkan “Selamat kepada Shuko dan Latifah telah menyelesaikan 2 juz dengan predikat Jayyid dan mendapatkan reward sebesar Rp 100.000,-. Sekaligus kepada Igo dan Efandra, 5 Juz dengan predikat Jayyid Jiddan dan mendapatkan reward sebesar Rp 375.000, ” terang Wakil Mudir Bidang Pengasuhan itu.  

 

“Tasmi’ ini dilanjutkan dengan kegiatan Ikhtibar Syahri (Ujian bulanan) terhadap hafalan Quran santri, hal ini sekaligus sebagai syarat agar santri mendapat jadwal kunjungan dari orangtua” lanjutnya.  (SEA)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025