Profil

PROFIL

  1. SEJARAH RINGKAS

Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighihen Muhammadiyah (MA KMM) Padang Panjang Sumatera Barat berdiri tanggal 2 Januari 1930 dengan nama Tabligh School, yang dipelopori oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat antara lain DR. H.  Abdul Karim Amarullah atau Inyiak Rasul (Ayah Prof. DR. HAMKA), AR St. Mansur, SY. St. Mangkuto, dan tokoh Muhammadiyah lainnya..

Mulai tahun 2012, MA. KMM Kauman mengadakan kerja sama dengan dengan Asia Moslem Charity Foundation (AMCF) dan sekaligus mendirikan Markaz Tahfiz Al Qur’an Haroen El Ma’any, serta langsung mengkhatam Huffaz AL- Qur’an sebanyak 48 orang siswa/siswi dengan berbagai jumlah hafalan yang sampai 8 Juz.

Program tahfiz Al Quran di MA KMM terus diIntensifkan dan menjadi bagian dari salah satu syarat kelulusan bagi santri untuk semua jurusan, sehingga ketika selesai pendidikan di MA KMM Kauman, Peserta didik sudah punya bekal hafalan tahfiz. Sealin itu MA KMM Kauman juga menjalin kerjasama dengan Markaz Tahfiz Markazul Quran Sumatera Barat dan Rumah Tahfiz Rabbani Solok guna pencapaian hafalan tahfiz siswa. dan MA KMM Kauman juga mengirimkan utusan siswa ke Daurah Ziyadah 60 Hari Menghafal Al Quran 30 Juz ke Ittihadul Ma’ahid Al Muhammadiyah di Solo. Salah satu program yang sangat diminati masyarakt adalah Tahfiz Home Visit yang dimulai pada tahun 2016, dan sangat dismabut baik, serta menjadi contoh bagi sekolah lain untuk melaksankan tahfiz home visit di Indonesia.

MA KM Kauman Padangpanjang mempunyai segudang prestasi, baik siswa, guru maupun kepala sekolah, pada Tahun 2016 dan 2017 MA KMM Kauman ditetapkan sebagai Juara 1 Sekolah Sehat Kota Padang Panjang tahun 2016 dan Tahun 2017. Tidak hanya itu,  MA KMM Kauman Padang Panjang juga ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Padang Panjang, Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi Sumatera Barat dan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Selain itu, kepala MA KMM Kauman periode 2015-2019 (Derliana, M.A) juga ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai Kepala Madrasah Berpretasi Tingkat Kota Padang Panjang, Tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan Tingkat Nasional Tahun 2016 Kementerian Agama RI.

Demikian halnya tamatan MA. Kulliyatul Muballighien yang melanjutkan ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri, seperti di Al Azhar Chairo-Mesir (Novri Naldi Fajri dan Husnul Aqib, Warnadi , dan Emri Agus), Universiti Utara Malaysia (Ahmad Zaki Ghifari).

Setiap tahun MA KMM Kauman sering dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan Masyarakat umum Luar negeri (Malaysia, Thailand, China dan Singapore), pada tahun 2017 ini kita telah dikunjungi sebanyak 7 kali rombongan pelajar, umum dan guru dari Malaysia yang dalam rombongan tersebut juga ada Guru dan Mahasiswa Thailand dan China, kemudian MA KMM Kauman dapat kunjungan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat dibulan Februari 2017. Selain itu, MA KMM Kauman Padang panjang juga dijadikan salah satu studi lapangan Balai Diklat Keagamaan Propinsi Sumbar, Riau Jambi dan Kepulauan Riau, di tahun 2017 ini madrasah telah menerima kunjungan studi lapangan Guru Mapel Bahasa Arab dan Akidah Akhlak Balai Diklat Propinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulaun Riau.Visi

Visi

Terwujudnya peserta didik yang Cerdas, Kompetitif, Peduli Lingkungan, Berwawasan Global, Berlandasan Iman dan Taqwa

Misi

  1. Mengupayakan terbentuknya pribadi yang CERDAS dan Berakhlak Mulia
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang Bermutu, Terintegrasi Iptek dan Imtaq, dan berbekal Life Skill
  3. Menggali potensi agar tumbuh semangat kompetitif (fastabiqul khairat) bagi semua warga madrasah
  4. Membudayakan Tahfiz Qur’an, Bahasa Arab, Inggris, dan Literasi pada semua warga madrasah
  5. Mengupayakan terwujudnya madrasah yang Bersih, Hijua, Indah, Asri dan Sehat (BERHIAS)
  6. Memberikan pelayanan prima dengan memamfaatkan seluruh potensi yang ada baik kedalam mauapun keluar madrasah
  7. Memfasilitasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri
  8. Memperluas wawasan global peserta didik memlalui kerjasama dalam dan luar negeri

Tujuan Pendidikan

Terwujudnya kader ulama yang militan, berakhlak mulia, cakap, percaya diri, bertanggungjawab serta berguna bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.