Pontren Kauman Kembali Gelar Tasmi’ Quran 2 dan 5 Juz

Padang Panjang, Humas – Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang kembali menggelar Tasmi’ 2 dan 5 Juz Al quran yang merupakan kegiatan bulanan untuk memperkuat hafalan santri. Dalam agenda ini, para peserta Tasmi’ akan memperdengarkan hafalan quran di hadapan guru dan santri lainnya. Tasmi’ ini berlangsung di Aula serta ruang-ruang kelas Kauman pada Senin (6/3).

 

Tasmi’ yang diikuti oleh 5 orang santri, terdiri dari 2 orang santri MTs (2 Juz) dan 3 orang santri MA (5 Juz). Peserta Tasmi’ MTs adalah Satria Ash Sidiq dan Jalillah Apriani Harahap sedangkan peserta MA Lovitadanti, Fathia Nur Aqilah dan Igo Giova Effendi.

 

Insan Adha Hasibuan mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya program Tasmi’ 2 dan 5 Juz ini. Dan beliau mengungkapkan rasa terima kasih kepada anggota komunitas Tahfidz Haroen El Ma’ani  yang telah menyiapkan acara dengan baik. Meskipun tidak ada yang sempurna. Dan  selalu belajar untuk terus bertumbuh.

“Ada beberapa hal penting dalam tasmi’ ini bukan hanya sekedar memperlihatkan kemampuan dalam menghafal ataupun memperdengarkan hafalan quran namun hal yang tak kalah penting lainnya adalah mental. Bagaimana santri memiliki mental untuk tampil di depan public. Selain itu niat juga mesti senantiasa diperbaharui. Niatkan Tasmi’ ini karena Allah dan sebagai proses pengembangan diri. Jangan  karena  ria dan reward. Reward hanyalah bonus untuk peserta tasmi’ yang mendapatkan predikat Mumtaz akan dihadiahkan Rp. 100.000/ Juz, Jayyid Jiddan seninilai Rp 75.000/Juz dan Jayyid dihadiahkan dengan Rp. 50.000/Juz” ujar Wakil Mudir Bidang Pengasuhan itu.

 

Ia juga menambahkan “Harapan kita semua, Hafalan santri mampu di posisi Mumtaz dan berani untuk memperdengarkan hafalannya. Tasmi’ kali ini adalah Tas’mi terakhir sebelum Ramadhan, dan akan dilanjutkan kembali setelah Idul Fitri. Maka siapkan diri antum dengan hafalan terbaik. Dengan program Daurah Yang kita sebut dengan  Kauman Super Camp. Dalam agenda itu antum berlomba-lombalah dalan menghafal quran” pungkasnya.

 

 

 

“Tasmi’ kali ini diadakan serentak di lima ruangan berbeda. Setiap peserta tasmi’ menempat satu ruangan yang masing-masingnya didampingi oleh Mustami’/ mustami’ah (pendengar).  Bacaan peserta juga disimak oleh santri lainnya. Sehingga mereka yang belum mengikuti kegiatan tasmi’ ini, termotivasi untuk terus  bersemangat dalam meenguatkan dan menambah hafalan quran” jelas Ogi Fathur Rahman, Pembina Tahfidz.

 

“Setelah Tasmi’ ini diilaksanakan, para santri akan mengikuti ujian bulanan hafalan quran yang kita sebut dengan Ikhtibar Syahri, ini merupakan salah satu syarat penentu santri dapat berjumpa bersama orangtua yang berkunjung tiap bulannya” tambahnya. (SEA)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025