Pontren Dar El Quran Asri Bungo belajar Branding dan Manajemen ke Pontren Kauman Padang Panjang

Padang Panjang, Humas – Rombongan dari  Pondok Pesantren Dar El Quran Asri Bungo mengunjungi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dalam rangka Studi tiru pada Rabu (7/3).

Kehadiran 12 orang dari rombongan ini disambut hangat oleh Mudir beserta jajaran Pontren Kauman. Dr. Derliana, MA. menjelaskan terkait system yang dibangun di Kauman. Pentingnya branding dan manajemen untuk kesuksesan pondok.

Dalam diskusi yang hangat dan penuh semangat, Derliana menjelaskan bahwa manajemen kelembagaan di Pondok Pesantren Kauman sangat ditekankan pada pengelolaan aset, sumber daya manusia, dan hubungan dengan pihak luar. Rombongan tamu juga diajak untuk mempelajari manajemen kurikulum yang dilakukan dengan sistematis dan kontinu untuk memastikan program pembelajaran yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

 

“Disini kita sangat ramah terhadap kecendrungan ketertarikan serta kemampuan. Sehingga mereka mengikuti tiga tahapan test. Pertama Placement test, Tes minat bakat dan tes tahapan perkembangan. Khusus untuk Placement test hanya diikuti oleh santri Aliyyah untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan mereka. Sedangkan untuk tes minat bakat kita bisa melihat strongest dari setiap anak-anak dan tes terakhir mampu mengukur apakah anak kita sudah berkembang sesuai dengan pertambahan usianya” jelas Mudir Kauman tersebut. 

Selain itu Derliana juga menerangkan terkait memadukan tiga aspek penting dalam menyusun program santri yakninya intrakurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler

 

Muhammad Isha, MA. Hum  mengungkapkan “Kerapian sistemlah yang mengantarkan langkah kaki kami ke sini. Banyak program diciptakan sehingga tersiar banyak capaian dan ide kreatif yang dimiliki pondok ini serta lulusan Kauman yang tak kalah kerennya. Tersebar di berbagai negara” tutur Pimpinan Pondok Pesantren Dar El Quran Asri Bungo itu.


Ia mengharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di Kauman ini. Terlebih terkait branding yang disampaikan Dr. Derliana, MA “ Sebagai Pondok Quran maka sangat cocok sekali untuk membranding dengan Program 4T Quran yakninya ‘tahsin, tahfidz, tulis dan tafsir’.

 

Tidak hanya itu, Rombongan dari Bungo ini diajak untuk kampus tour untuk melihat seluk- beluk ruangan Kauman diantaranya Ruang TU, Ruang Guru , Perpustakaan , Laboratorium Biologi, Labor Bahasa, Ruang Kesehatan (Poskestren) dan ruang robotic. Dan para tamu berkesempatan untuk melakukan observasi dan wawancara dengan staf di setiap departemen agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang praktik manajemen di pondok pesantren.

 

Pertemuan ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Pontren Kauman kepada Pondok Pesantren Dar El Quran Asri Bungo. (SEA)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025