Pontren Kauman Canangkan Kerjasama Pendidikan Internasional

Padang Panjang, Humas –  Suasana hangat dan penuh semangat memenuhi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah di Padang Panjang, Sumatera Barat, saat rombongan dari Pattani, Thailand, datang untuk menjalin silaturrahmi dan mempererat kerja sama dalam bidang pendidikan internasional. Kedatangan mereka adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya dan pendidikan antara dua negara yang berbeda (Senin, 11/9).

 

5 orang rombongan dari Pattani, yang terdiri dari para pemimpin pendidikan, guru, dan siswa, tiba di Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah pada pagi hari ini. Mereka disambut dengan hangat oleh Mudir Kauman beserta jajaran. Kunjungan ini memiliki tujuan utama memperluas wawasan pendidikan, budaya, dan sosial antara Pattani dan Padang Panjang.

 Dr. Derliana, MA mengungkapkan “Kami sangat senang bisa menjalin kemitraan dengan Thailand dalam bidang pendidikan ini, pertukaran pelajar akan memberikan pengalaman berharga bagi siswa” tutur Mudir Kauman tersebut.

Pertemuan ini fokus pada diskusi mengenai isu-isu pendidikan yang dihadapi oleh masing-masing wilayah, termasuk pembahasan kurikulum, metodologi pengajaran, serta tantangan dalam pendidikan lintas budaya. Para peserta dengan antusias berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka, mencari cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Direktur Fok Kito Tour, Ahmad Saleh menjelaskan “Kita masih menggusakan kelengkapan berkas siswa kita yang di Pattani agar segera ke Kauman” terangnya.

Salah satu hasil utama pertemuan ini adalah rencana untuk mendukung pertukaran pelajar antara Pattani dan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah. Pertukaran ini diharapkan akan memberikan peluang bagi siswa dari kedua negara untuk belajar satu sama lain, mengenal budaya, bahasa, dan tradisi masing-masing. Hal ini dianggap sebagai langkah penting untuk mempromosikan pemahaman lintas budaya dan mempererat hubungan antar-komunitas.

 

Dalam pertemuan ini juga dibahas Budaya Minangkabau,  juga dihadiri oleh Jamila Keristhongkam, Muslimah yang membangun Rumah Gadang di Narathiwat, Selatan Thailand. Ketertarikan beliau terhadap Budaya Minanglah yang mengantarkan niat beliau untuk membangun Rumah Gadang tersebut.

 

Rencana selanjutnya akan menggarap lebih rinci mengenai pertukaran pelajar dan program budaya. Semua pihak berharap bahwa inisiatif ini akan memperkuat hubungan antar-komunitas serta memperkaya pengalaman pendidikan bagi para siswa. (SEA)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025