Reduksi Stunting: Pontren Kauman Berikan Kudapan bagi Balita

Padang Panjang, 9 September 2023 – Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang sebagai Madrasah Siaga Kepedudukan Tingkat Provinsi Sumatra Barat yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, kini telah melangkah lebih jauh dengan menginisiasi program kesehatan yang bertujuan untuk mengurangi stunting pada balita di Padang Panjang. Program ini dijalankan dengan kolaborasi aktif bersama Puskesmas Koto Katiak dan menjadi salah satu contoh nyata upaya bersama untuk menciptakan generasi muda yang lebih sehat dan berdaya.

Stunting, masalah pertumbuhan yang mengkhawatirkan di kalangan balita, telah menjadi fokus perhatian bagi Kauman. Dalam upaya untuk memerangi masalah ini, Pesantren ini berkolaborasi dengan Puskesmas Koto Katiak untuk memulai program yang merangkul kesehatan sebagai bagian penting dari pendidikan dan perkembangan anak.

Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA, menyatakan, “Kami tidak hanya berkomitmen pada aspek pendidikan, tetapi juga pada kesehatan anak-anak. Untuk menciptakan generasi yang unggul, kesehatan adalah faktor penting yang harus diperhatikan” tegasnya.

Program ini melibatkan pengadaan kudapan sehat yang sesuai dengan kebutuhan gizi balita. Kudapan yang diberikan berupa riceball dengan sayur dan ayam, telur, kentang selain itu juga dengan puding aneka buah.

Kudapan tersebut akan dibagikan kepada balita yang berkunjung ke posyandu Anyelir. Tak hanya itu, karena hujan beberapa dari Ibu yang memiliki balita tidak dapat mendatangi Posyandu, sehingga Tim PIK R Kauman Bersama Kepala Puskesmas Koto Katiak dan bidan mengantarkan kudapan sehat dari rumah ke rumah.

Kepala Puskesmas Koto Katiak, , Irda Yulia, SKM, sangat mengapresiasi inisiatif ini dan menyatakan, “Kami melihat bahwa Pontren Kauman Muhammadiyah memiliki peran yang besar dalam membentuk masa depan generasi ini. Kolaborasi ini akan membawa dampak positif dalam upaya mengurangi angka stunting di wilayah Koto Katiak khususnya dengan angka stunting yang lebih tinggi dari kelurahan lainnya di Padang Panjang. Tingkat stunting di kelurahan ini mencapai angka 15%. Selain itu, program ini juga memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya pola makan sehat bagi pertumbuhan anak-anak mereka, mengintegrasikan aspek pendidikan dan kesehatan dalam satu paket” tuturnya.

Dengan kolaborasi yang kuat antara Kauman Muhammadiyah dan Puskesmas Koto Katiak, diharapkan bahwa angka stunting di wilayah koto Katiak akan terus berkurang. Program ini merupakan contoh bagaimana pendidikan dan kesehatan dapat digabungkan dalam upaya untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas. Kauman Muhammadiyah telah membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. (SEA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025