Ponpes Khairatul Hasanah Muhammadiyah Lakitan Kunjungi Pontren Kauman Padang Panjang

 

Padang Panjang , Humas – Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang perlahan melangkah mendekati visinya sebagai Pusat Keunggulan ‘Tamaddun’ Islam. Senin (11/9) Kauman kedatangan tamu dari Pondok Pesantren Khairatul Hasanah Muhammadiyah Lakitan, Pesisir Selatan dalam rangka studi tiru.

 

Kunjungan ini diikuti oleh 27 orang yang terdiri dari pengurus, guru, staf Ponpes Khairatul Hasanah. Kehadiran mereka disambut hangat oleh Mudir Kauman beserta jajaran. Pertemuan awal kunjungan ini membahas seputar sejarah serta semangat yang terus mengalir di ‘darah’ Kauman.

 

“Menilik sejarah pada 1928, Kauman waktu itu masih dikenal dengan Tabligh School dan Buya Hamka adalah Kepala Madrasah pertamanya. Memahami Buya Hamka sebagai tokoh nasinal, sastrawan, filsuf serta ulama. Hal itu mengambarkan bahwa beliau warna-warni, sungguh multitalent. Itulah yang membuat semangat multitalent dialirkan hingga sekarang. Sebab kita yakin setiap anak itu memiliki kecerdasannnya masing-masing dan kita siap menjadi rumah yang mengembangkan setiap bakat yang mereka miliki. Salah satunya dengan menyediakan 57 ekstrakurikuler” ucap Dr. Derliana, MA selaku mudir Kauman.

 

Pertemuan tersebut juga membahas topik seputar pengembangan manajemen Pendidikan, kurikulum, asrama, akademik serta pengelolaan keuangan pesantren. Derliana membagikan praktik manajemen pesantren yang efektif. Mulai dari pengalaman suksesnya dalam mengelola sumber daya manusia dan infrastruktur pesantren dengan efisien. Diskusi ini melibatkan strategi dalam menjalankan pesantren, termasuk pengembangan visi, misi, dan tujuan jangka panjang.

 

Mudir Ponpes Khairatul Hasanah, Sapta Kardeni, S.Ag menyampaikan “Terdapat 12 pesantren di Pesisir Selatan dan Khairatul Hasanah adalah satu-satunya Pondok Pesantren Muhammadiyah. Kita memiliki lebih dari 700 santri namun masih tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang diasramakan sedangkan Madrasah Alliyah (MA) masih belum. Itulah itu kesini ingin ditunjuki kiat-kiat untuk meningkatkan pesantren. Nantinya kita akan modifikasi dan dapat kita terapkan di Ponpes Khairatul Hasanah” pintanya.

 

Pondok Pesantren Khairatul Hasanah Muhammadiyah Lakitan dan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang bersama-sama mengucapkan terima kasih atas keramahan dan kerja sama yang telah diberikan selama kunjungan ini. Mereka berharap kunjungan ini adalah awal dari sinergi yang kuat dalam mendidik generasi muda Indonesia dengan nilai-nilai Islam yang kuat. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025