Perkuat Publikasi Media, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Jalin Kerjasama Dengan Harian Haluan

Padangpanjang– Dalam upaya menguatkan publikasi media, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang menjalin kerjasama dengan Media Harian Haluan. Kerjasama tersebut sebagai salah satu upaya pengembangan Pondok Pesantren khususnya di bidang Tekhnologi Informasi.

Mudir Pondok Pesantren, Dr. Derliana menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya dalam rangka memperluas promosi Pondok Pesantren tapi juga untuk menguatkan peranan tekhnologi informasi bagi seluruh civitas akademika Pondok Pesantren.
“Peranan media online dalam menyebarkan informasi sangat besar saat ini. Dalam hitungan detik informasi apapun yang kita butuhkan dapat kita ketahui melalui media online. Selain sebagai ajang promosi Pondok Pesantren, kerjasama ini kami harapkan dapat menguatkan peranan tekhnologi informasi yang berhubungan dengan proses pembelajaran kita. Semoga dengan ini kita mampu memperluas jaringan kerjasama pondok pesantren bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya. Selasa(21/02)

Ditambahkannya bahwa, ada tiga hal yang perlu dikawal dalam kerjasama media dengan lembaga pendidikan Pondok Pesantren ini. Pertama kualitas pendidikan pondok pesantren. Dewasa ini menurutnya animo masyarakat terhadap pendidikan pondok pesantren sangat tinggi. Hanya saja yang menjadi pekerjaan berat bagi Pondok Pesantren adalah peningkatan mutu pendidikan.

“Bagaimana mendobrak kualitas pendidikan di pondok pesantren kita. Pondok pesantren wajib memberikan pendidikan terbaik untuk santrinya. Kita sudah memulainya dengan program ISTEM(Islamic, Sains, Tekhnologi, Engineering, Mathematics,” jelasnya.

Kedua menurut Doktor UIN Imam Bonjol Padang ini, mengikuti perkembangan tekhnologi yang sangat pesat. Santri di sini sebutnya diberikan ruang dan waktu untuk berkarya lewat digitalisasi. Harapannya dengan kerjasama ini nantinya anak-anak dibekali dengan ilmu jurnalistik dari tim Haluan.

“Kita ingin anak-anak mampu menguasai ilmu jurnalistik. mudah-mudahan Haluan bisa merealisasikannya dengan program Haluan Go To School,” katanya.

Ketiga, lanjut Derliana adalah soal keamanan dan ketelitian dalam memahami setiap informasi yang didapatkan. Karena menurutnya dewasa ini kecendrungan pelajar tidak mampu menganalisa informasi yang didapat kemudian ikut-ikut menyebarkan informasi tersebut.

“Berapa banyak kasus Hoaks yang telah kita saksikan di media sosial. Dengan ini kita berharap seluruh civitas akademika lebih literat dalam memahami suatu informasi yang mereka dapatkan,” harapnya.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Harianhaluan.id, David RM Bungsu mengapresiasi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang telah memilih Harian Haluan sebagai media promosi dan publikasi.

Menurutnya, Haluan yang telah berusia 75 tahun merupakan media tertua di tanah air dari Sumatera Barat. Dengan motto “Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat”, Haluan konsisten mendukung pembangunan pendidikan melalui Rubrik Pendidikan.

“Terima kasih Kauman telah bekerjasama dengan Haluan. Haluan merupakan koran pendidikan yang kini terus berkembang sampai ke pelosok nagari,” tambahnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025