Ingin Bangun Komplek Sekolah, PDM Bungo Kunjungi Pontren Kauman

Selasa, (23/2/2023). Pimpinan Daerah Muhammadiyah/PDM Bungo dan rombongan melakukan kunjugan ke Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Hal ini dilakukan dalam rangka “Studi banding sekaligus pemetaan manajemen sekolah”.

 

Dalam Kunjungannya, PDM Bungo , didampingi oleh utusan SD, SMP, SMA Muhammadiyah Bungo serta Utusan  TK ABA, Pengelola Keuangan, Pengasuh Kegiatan Tahfiz MBS dan LKSA/PAA Ma. Bungo.

 

“Kita di Bungo sudah memiliki SD, namun kita sedang membangun SMP dan SMA. Kita ingin mensingkronize manajemen untuk ketiga elemen yang akan kita bentuk ini. Sekarang kita sudah meratakan gunung untuk membangun lahan bangunan di sana. Namun untuk manajerialnya kita perlu belajar banyak dari Kauman” ucap Muhammad Amin selaku PDM Bungo.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Bungo, Eliyadi, menggungkapkan “Saya sebelumnya hanya mengenal Mudir, Derliana di dunia maya.  Dari sana saya melihat perkembangan Pondok Kauman ini. Masih jelas di ingatan saya ketika saya masih sekolah di salah satu pesantren di Padang Panjang. Pada tahun 2002, Kauman dengungnya tidak begitu jelas. Tapi sekarang di tahun 2023. Kauman sudah mempunyai dentumannya sendiri. Tamu yang datang pun silih berganti”  ucapnya.

 

Dr. Derliana, MA selalu menyambut hangat tamu yang menginjakkan kaki di Kauman. Dalam sambutannya beliau menjelaskan “ Hal terutama yang mesti dibangun adalah menyatukan kelembagaan yang akan diciptakan. Menyusun Person In Charge (PIC). Jelas peran setiap orang dalam organisasi tersebut. Lalu kita bisa menyatukan tenaga untuk membangun system dan program yang akan dijalankan” pungkas Kepala Sekolah berprestasi tersebut.

Dalam pertemuan tersebut  juga membahas sejarah Kauman mulai dari tahun 1928 yang masih di kepalai oleh Buya Hamka,  pergerakan dan perkembangan Kauman serta diskusi terkait manajemen kelembagaan, keuangan, pelayanan , amal usaha, kehumasan serta lainnya.

 

Pertemuan ini ditutup dengan penyerahan cendramata dari Kauman ke PDM Muhammadiyah  Bungo setelah melakukan tour kampus. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025