Menjemput Cinta Rasulullah – IPM Pontren Kauman Adakan Pengajian Bulanan

Padang Panjang, Humas – Ikatan Pelajar Muhammadiyah/IPM Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang mengadakan pengajian bulanan dengan tema Isra Mi’raj pada Kamis (16/2/2023) di Aula St. Masur, Kauman. Pengajian tersebut diikuti oleh ratusan santri dari tingkat MTs dan MA KMM.

 

Pengajian ini diawali dengan pembukaan oleh Pimpinan Ranting/ PR IPM, Adib Khairillah Ramadhan menyampaikan ini adalah edisi pertama dari program pengajian bulanan yang dihandle oleh bidang Kajian Dakwah Islam (KDI). Insha Allah program ini akan dilaksanakan setiap Kamis dipekan dua setiap bulannya.

“Biasanya setiap Kamis pagi kita laksanakan dengan Muhadarah, Nah melalui program ini akan memberikan ‘warna baru’ dalam dakwah di Kauman. Setiap bulan teman-teman akan menyaksikan dakwah dari Ustadz sebagai da’i yang sudah berpengalaman. Semoga kita bisa belajar banyak dari beliau” ujarnya.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustadz Abdillah Dzikri,  S.TP. Beliau memulai cerita dengan mengisahkan Ukhasyah yang ingin mencambuk Rasulullah sebelum akhir hayatnya. Ia ingin membalaskan dendam ketika Rasulullah tidak sengaja mencambuk untanya. Peristiwa itu berujung tangis sendu Ukhasyah yang menganti cambukan tersebut dengan memeluk Rasulullah. Cintalah yang membuat Ukhasyah begitu.

Dalam Tausiyahnya, Beliau mengingatkan hadirin tentang kesungguhaan dalam mencintai Rasulullah. Dan mengingatkan bahwa melalui Isra Mi’raj ini terdapat tiga poin yang menjadi highlight pertama dalam kehidupan setelah kesulitan pasti ada kemudahan, kedua selalu mensucikan jiwa dengan melakukan amal kebaikan dan bertaubat atas dosa dan yang terakhir yaitu hidup mesti memilih dan setiap pilihan memiliki resikonya masing-masing,

 

Santri sangat antusias menyaksikan tausiyah tersebut “Senang sekali dengan kegiatan ini, selain menjemput kembali cinta kepada Rasulullah kita mendapatkan motivasi untuk bersungguh-sungguh dalam belajar” tutur Ezi, santri MA KMM

 

Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA mengungkapkan “Ini adalah langkah dalam menyiapkan Muballigh/Muballighien yang berkualitas. Begitulah keseriusan kita untuk menciptakan Kauman mampu melahirkan Muballigh serta cendekiawan hebat masa depan” ucapnya. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025