Outbound Edukatif KKR Pontren Kauman

Padang Panjang, Humas – Kader Kesehatan Remaja / KKR  Thabib bin Qurra, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggadakan kegiatan outbound yang diikuti oleh 39 orang santri Mts dan MA  di Jorong Tigo Suku, Paninjauan pada Kamis (9/2/2023).

 

Kegiatan yang mengunsung tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Peduli Terhadap Hidup Bersih dan Sehat Serta Memiliki Jiwa Social Yang Tinggi” ini dikemas dalam bentuk outbond edukatif oleh Nisrina wahyuni, A. Md sebagai Pembina KKR. Dengan menghadirkan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah/ BPBD Kesbangpol Padang Panjang, Toni Hariyanto.

 

“Kita tidak pernah tahu kapan dan dimana bencana alam itu akan datang. Untuk kita perlu terus kita memahami penanggulangannya demi meminimalisir korban nyawa saat bencana datang. Apalagi kota kita sangat rawan dengan bencana gempa bumi dan gunung meletus,” ucapnya.

 

Ia menjelaskan tentang penanggulangan bencana dan cara evakuasi korban. Terlebih akhir-akhir ini gunung merapi yang kembali ‘batuk’. Ia mengingatkan bahwa jarak aman masyarakat dengan gunung meletus adalah radius 3 KM. Serta jika Gunung Merapi meletus, warga Padang Panjang akan diungsikan ke Kayutanam.

 

Selain itu, peserta outbound juga mendapatkan ilmu tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan/ P3K. yang disuguhkan oleh Anggota PMI Padang Panjang. Mereka mempelajari cara menanggani korban pingsan, cidera tangan dan patah kaki.

 

Afrianto, anggota PMI menegaskan “Sebagai Anggota KKR, mesti memiliki jiwa yang berani, sigap dan gesit. Ia tidak panik untuk menangani teman-teman yang pingsan ketika upacara bendera. Mereka cepat tanggap dan siap untuk menolong” ujar alumni Kauman tersebut.

 

Kegiatan itu dilanjutkan dengan simulasi P3K, santri mempraktekkan penanggulangan terhadap berbagai kecelaan yang terjadi. Seperti pembidaian, menyadarkan orang pingsan dan cara pengangkatan korban dengan tandu. Dan diakhiri dengan pemilihan Duta Kesehatan yang terdiri dari Duta Kesehatan Lingkungan, Duta Bebas sampah, duta anti rokok, duta kantin sehat, duta hemat listrik, duta kesehatan reproduksi, duta hemat air serta duta botol minum.

 

Dr. Derlina,MA mengungkapkan “ Semoga dengan agenda ini, silaturrahmi antar anggota semakin terjalin erat. Mampu bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih terlebih di Kauman. Serta semoga dengan terpilihnya duta kesehatan tersebut. Mampu mewujudkan cita-cita kita bersama. Menciptakan Lingkungan yang sehat dan nyaman” pungkas Mudir Kauman tersebut. (SEA)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025