Mengulas Wawasan Kebangsaan  Bersama Komandan KORAMIL 01 Padang Panjang, Kapten Infantri Ibrahim

Padang Panjang, 7 Agustus 2023 – Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Kapten Infantri Ibrahim, selaku Komandan KORAMIL 01 Padang Panjang, memberikan ulasan yang mendalam mengenai pentingnya wawasan kebangsaan bagi para santri Kauman.

 

Dalam forum yang dihadiri oleh para santri dan pengurus pondok pesantren, Kapten Infantri Ibrahim menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan adalah aspek yang sangat penting bagi setiap warga negara, tak terkecuali bagi santri di pondok pesantren. Ia menggarisbawahi pentingnya memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai bela negara, nasionalisme dan tradisional customes. Serta memahami 4 Pilar Kebangsaan yakninya NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta Pancasila sebagai modal membangun bangsa yang kuat dan bersatu.

 

“Sebagai santri, kalian memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter dan kontribusi positif bagi bangsa. Untuk itu, memiliki wawasan kebangsaan yang luas akan membantu pehamaman jati diri sebagai warga negara Indonesia dan mampu berperan aktif dalam memajukan Indonesia ke depannya,” kata Kapten Infantri Ibrahim.

 

Beliau menambahkan, “Ancaman NKRI sekarang ini masih berada pada terorisme, narkoba dan kecanduan gadget. Sebagai pemuda mesti cerdas dalam menyikapi efek globalisasi. Itulah pentingnya kesadaran bela negara yang didasarkan pada kecintaan terhadap tanah air yang dapat diwujudkan dengan mempelajari sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya yang dimiliki serta menjaga lingkungan dan nama baik bangsa”

 

Selain itu, Kapten Infantri Ibrahim juga mengajak para santri untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kebangsaan seperti upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, dan berbagai kegiatan sosial untuk memupuk rasa cinta tanah air.

 

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang atas upaya dan peran penting dalam membentuk karakter santri yang berbasis pada agama dan kebangsaan. “Pondok pesantren merupakan salah satu tempat yang sangat strategis dalam membentuk generasi muda yang cinta tanah air, religius, dan berdaya saing. Dengan nilai-nilai kebangsaan yang kuat, para santri di pondok pesantren ini akan menjadi agen perubahan yang positif bagi bangsa dan negara. Agama juga tiang yang berperan penting.” ujarnya.

 

Kapten Infantri Ibrahim berharap bahwa santri Kauman dan seluruh santri di Indonesia dapat terus mengembangkan wawasan kebangsaan mereka, berkontribusi positif bagi masyarakat, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Acara tersebut ditutup dengan doa bersama untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia. Para santri tampak antusias dan bersemangat untuk mengambil bagian dalam memajukan bangsa dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan yang telah disampaikan oleh Kapten Infantri Ibrahim. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025