Derliana : Ambilah Semua Ilmunya, Kauman Akan Berlari Kencang

Padang Panjang, Humas – (Jumat, 11/8) Rombongan guru dan siswa SD Muhammadiyah Kampar Boarding School mengunjungi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dalam rangka studi tiru. bertujuan untuk mempererat hubungan antar sekolah serta berbagi pengalaman dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Rombongan yang terdiri dari 10 guru dan 40 siswa diterima dengan hangat oleh pihak Pontren Kauman. Kepala SD Muhamadiyah Kampar, Rahmad, S. Ag, M. Sy, menyatakan “Di usia sekolah yang memasuki 7 tahun ini kami sudah mendirikan SMP Hamka Kreatif Boarding School. Kami ingin sekolah kami sepadan dengan Kauman. Kami juga berharap untuk menjadikan Muhammadiyah Kampar Boarding School sebagai pilar muhammadiyah di Kampar. Maka izinkan kami untuk mengambil ilmu di sini. Sehingga kita bisa duduk sama rendah, berdiri sama tinggi”.

Sementara itu, ketika pertemuan antara guru sesama guru dipisahkan dengan siswa agar pendekatan studi tiru tepat sasaran. Kegiatan studi tiru guru SD Muhammadiyah Kampar diisi dengan presentasi oleh Derliana. Sedangkan siswa mengikuti kegiatan bersama anggota Hizbul Wathan Kauman.

Mudir Pontren Kauman Dr. Derliana, MA mengapresiasi keinginan SD Muhammadiyah Kampar untuk belajar dari pengalaman pesantren. “Kami senang sekali menerima kunjungan ini dan berbagi pengalaman tentang metode pembelajaran dan nilai-nilai yang kita tanamkan di Kauman. Ada tiga hal penting yang melandasi pergerakan Kauman. Yang semasa tahun 2015 hingga sekarang mampu bergerak secara signifikan. Tiga hal tersebut adalah membangun perform yakninya mesti menampilkan yang terbaik, mulai dari pakaian, bangunan sekaligus tampilan fisik. Poin kedua membangun branding dan prestasi, dengan menciptakan keunikan sehingga kita memiliki differensiasi dan mudah dikenal. Dan poin ketiga adalah publikasi”.

Derliana juga menambahkan “ Silakan belajar sebanyak banyaknya dari Kauman, ambil semua ilmunya dan terapkan di SD Muhammadiyah Kampar. Ketika Kauman ditiru, kita akan berlari kencang” candanya disela diskusi.
Dalam Kunjungan ini dihadiri juga dihadiri oleh Pimpinan Daerah Kampar, Amaini Arkas. Pertemuan ini diharapkan menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat antara kedua institusi pendidikan. Diharapkan, kolaborasi seperti ini dapat memberikan manfaat nyata bagi perkembangan pendidikan di kedua lembaga serta menciptakan kesempatan untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang lebih lanjut.
Dengan berakhirnya kunjungan studi tiru ini, guru dan siswa SD Muhammadiyah Kampar kembali dengan wawasan yang diperkaya dan semangat yang membara untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di tersebut. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025