Berpacu dengan Teknologi : Pontren KAUMAN Gelar Lokakarya

Padangpanjang—Menjelang tahun ajaran 2023/2024, Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padangpanjang mengadakan sebuah lokakarya yang menarik perhatian. Lokakarya ini diselenggarakan pada Rabu dan Kamis (14-15/6), dengan mengusung tema “Pentingnya Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kualitas dan Keunggulan Lulusan Pondok Pesantren KAUMAN.”

Tempat acara berlangsung adalah Aula Buya HAMKA yang terkenal. Dr. Derliana, MA, selaku Mudir Pondok Pesantren KAUMAN, menekankan tanggung jawab besar yang diemban oleh lembaga ini seiring dengan peningkatan jumlah peserta didik yang mendaftar sebagai santri KAUMAN. Dalam sambutannya, Dr. Derliana menekankan pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan di Pondok Pesantren.

“Peningkatan kualitas, yang diukur melalui parameter yang jelas, memerlukan evaluasi tidak hanya terhadap program-program yang telah dilaksanakan selama setahun terakhir, tetapi juga terhadap pengembangan diri dan proses pembelajaran oleh para Tenaga Pendidik dan Kependidikan KAUMAN,” jelasnya.

Prof. Dr. Ristapawa Indra, Ph.D., Ketua Lembaga Hubungan Eksternal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah/ PWM Sumatera Barat, diundang sebagai pemateri dalam sesi diskusi mengenai “Paradigma e-Learning dan Karakteristik Digital.” Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ristapawa menekankan bahwa perubahan adalah hal yang tidak bisa dihindari, dan respons terhadap perubahan akan menentukan sejauh mana tingkat dinamisme hidup seseorang.

Ia juga menyoroti bahwa lembaga pendidikan memiliki peran sentral dalam mendorong perubahan sosial, terutama di era di mana kemajuan teknologi mengaburkan batas antara Barat dan Timur. Lebih lanjut, di era pasca pandemi COVID-19, pendidikan harus merangkul pembelajaran blended dan hybrid sebagai karakteristik utama abad ke-21.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Dr. Taufik Hidayat, MA, selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pondok Pesantren Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Padang Panjang Batipuh X Koto (PDM Pabasko).

Dr. Taufik menyatakan kebanggaannya melihat perkembangan Pondok Pesantren KAUMAN.

“Kami sangat bangga melihat perkembangan Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang. Kami terus memberikan dukungan bagi kemajuan pesantren ini dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan serta Kementerian Agama untuk secara khusus mengevaluasi strategi pendidikan guna meningkatkan kualitas KAUMAN.” (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025