Tumbuhkan Minat Baca dan Menulis, Santri Kauman Ikuti Diskusi Proses Menulis Kreatif di TBM Rimba Bulan Padang Panjang

Padangpanjang, Humas – Inisiatif yang bernilai tinggi bagi perkembangan literasi di lingkungan pesantren dilakukan oleh Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang. Sebanyak 20 santri kelas X.Umum.Pi.2 didampingi oleh guru Bahasa indonesia, melaksanakan kunjungan ke Taman Baca Rimba Bulan Padang Panjang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan serta membangkitkan minat baca dan menulis di kalangan santri, dengan fokus khusus pada proses kreatif dalam menulis puisi, Minggu (27/02/2024).

Diskusi yang bertema “Dari Matematika, Sains, dan Teknologi ke Proses Menulis Kreatif Menulis Puisi” diadakan sebagai bagian dari praktek mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam suasana yang penuh semangat, Riri Satria, narasumber yang berpengalaman dalam dunia sastra, memandu para santri dengan menjelaskan teknik-teknik menulis puisi secara kreatif. Dengan memanfaatkan berbagai sarana teknologi yang tersedia, para santri diajak untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka dengan lebih baik.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh santri, tetapi juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Muhammad Subhan, S.Sos, selaku penasehat Taman Baca Rimba Bulan Padang Panjang, serta Bapak Alvisena, ST., MT., yang memberikan sambutan sebagai perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang. Kehadiran mereka memberikan dorongan semangat yang besar bagi para santri, serta menegaskan pentingnya upaya bersama dalam mendukung peningkatan literasi di kalangan generasi muda.

Hasil dari diskusi dan kuliah umum tersebut melahirkan presentasi-pesentasi yang menarik dari para santri, yang menunjukkan pemahaman yang mereka peroleh dalam menghadapi topik yang dibahas. Ust. Januar Efendi, S.Pd sebagai guru Bahasa Indonesia di pesantren KAUMAN, mengungkapkan kebanggaannya atas semangat dan keseriusan yang ditunjukkan oleh santri dalam mengikuti kegiatan ini. “Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap agar minat baca dan menulis di kalangan santri semakin berkembang serta agar anak-anak juga lebih mengenal sastra melalui pembelajaran langsung bersama penyair. Hal ini merupakan langkah konkret dalam mendukung peningkatan literasi santri”, Ujar beliau.

Melalui kegiatan ini, Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang membuktikan komitmennya dalam memberikan pendidikan yang balanced, yang tidak hanya mencakup aspek keagamaan, tetapi juga kegiatan yang mendorong pengembangan diri secara kreatif dan intelektual. Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi langkah awal bagi peningkatan minat baca dan menulis di kalangan pesantren serta memberikan kontribusi positif dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang lebih literat dan kreatif.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025