TINGKATKAN PEMAHAMAN QURAN : KAUMAN GELAR CERDAS AL-QURAN

Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Gelar Cerdas Al-Quran  Juz 1. Kegiatan ini diikuti oleh 11 regu yang terdiri dari perwakilan kelas 10 dan 11. Cerdas Al-Quran ini merupakan program yang diadakan oleh Markaz Tahfidz Quran Haroen El Ma’ani yang diadakan pada Senin (30/05/2022).

 

Kompetisi ini terdiri dari tiga babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Untuk babak penyisihan dan semiformal terdiri dari tiga soal wajib dan lima soal rebutan. Sedangkan pada babak final terdapat lima soal wajib dan sepuluh soal rebutan. Jenis soal yang disajikan beragam terdiri dari sambung ayat, tebak posisi ayat, tebak nomer ayat dan terjemaahan sekaligus makna ayat Al-quran pada juz 1.

 

Emri Agus, Lc, Dewan Juri menuturkan “Cerdas Al-quran ini dihadirkan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan santri terhadap al-quran. Kompetisi ini secara teknis sudah kita sesuaikan dengan Lomba Musabaqah Fahmil Quran/MFQ berstandar nasional. Ini adalah wujud keseriusan kita juga untuk mempersiapkan santri  yang cinta Al-Quran dan dapat mengikuti lomba MFQ dikemudian hari” Ujarnya.

 

“Kegiatan seperti ini seru banget. Mampu memacu adrenalin dan melatih tingkat fokus santri. Selain itu saya yang selama ini kecendrungan hanya pada menghafal quran dan terjemahannya saja, menjadi termotivasi juga untuk memaknai  dan mempelajari quran lebih dalam lagi. Hal yang paling seru adalah ketika ada soal yang berbahasa inggris kemudian tepuk tangan yang riuh juga  ketika peserta kompetisi dapat menterjemahkan dan menceritakan kisah yang terkandung dalam ayat tersebut” Tegas Aiman, santri kauman.

 

Kompetisi ini berlangsung cukup sengit. Hingga akhirnya memperoleh tiga juara. Juara pertama diraih oleh santri kelas XI ITT Pi (Najwa Nurul Amalia, Hanifah dan Mutiara Ramadhani), disusul oleh kelas X IPS Pa (Ridho Al Farabi, M. Hafiz Robbani dan Muhammad Nabil Anas). Sedangkan juara tiga direbut oleh kelas 11 IPA Pi (Anniza zulistia, Annisa fauzira dan Adiariqah). (SEA)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025