Studi Tiru Rombongan SMP MBS dan SD Unggul Muhammadiyah Bangko ke Pontren KAUMAN

Padang Panjang, Humas  – Sabtu  (5/8) Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menerima kunjungan studi tiru yang sangat berarti dari delegasi SMP Muhammadiyah Boarding School Merangin dan SD Unggul Muhammadiyah Bangko. Selain untuk bersilaturrahmi,  kedatangan rombongan ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan sekolah.

Kunjungan studi tiru dimulai dengan sambutan hangat dari Wakil Mudir, Pontren KAUMAN, Surya Bunawan, MA. Dalam pertemuan tersebut beliau menjelaskan tentang Sejarah KAUMAN yang bermula dari Buya Hamka. Buya Hamka sebagai Kepala Sekolah pertama di KAUMAN yang pada itu masih bernama Tabligh School. Semangat Juang dari Buya Hamkalah yang terus kita alirkan disini.

 

 Semangat juang itu juga dimiliki Mudir KAUMAN, Derliana mengikuti Course ke Finlandia, Jepang dan Singapura. Saat ini, kami telah mengembangkan pembelajaran berbasis proyek ISTEM/ Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Setiap akhir bulan, siswa kami membuat proyek berdasarkan rasa ingin tahu mereka sendiri dan didampingi oleh guru untuk tempat berdiskusi santri

 

Performance adalah hal yang menjadi highlight. Hal ini guna menciptakan branding. Branding yang kuat akan hadir berbarengan dengan kualitas yang baik. Hal ini didapat dengan adanya superteam yang solid dengan spesifikasi kinerja masing-masing.

 

Muhammad Futaki Izhar, S.H menjelaskan “Ada beberapa hal yang kami dapatkan dalam studi tiru di KAUMAN yaitu manajemen sekolah, program dalam pengajaran siswa serta kolaborasi dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua santri” tuturnya.

 

“Berkunjung ke KAUMAN untuk mempererat silaturrahmi dan belajar secara langsung terkait manajemen Pondok. Daya Tarik yang istimewa dimiliki KAUMAN, selain memiliki Buya Hamka sebagai sorotan, KAUMAN juga memiliki banyak prestasi. Semoga dari silaturrahmi ini ada yang bisa kami ‘bawa’ pulang dan kami terapkan di Merangin” terang Wahyu Arrahman Hidayatullah, S.Pd, guru SMP Muhammadiyah Boarding School Merangin.

 

Selain berdiskusi, rombogan SMP Muhammadiyah Boarding School Merangin dan SD Unggul Muhammadiyah Bangko menikmati kampus tour dengan diperkenalkannya dengan ruang kelas dan ruang belajar santri seperti ruang eksklusif, labor computer, labor ilmu falaq dan perpustakaan.  (SEA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *