Siap Jadi Kader Muhammadiyah Melalui FORTASI Pontren KAUMAN

Padang Panjang, Humas – Dimulainya Tahun Pembelajaran 2023/2024 ditandai dengan penyelenggaraan Forum Ta’aruf dan Orientasi (FORTASI) oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Acara ini diikuti oleh 396 santri kelas VII dan X dan berlangsung di Aula St. Mansur, Kauman, dari Selasa hingga Sabtu (4-8/7).

Dra. Yuliar, Kepala MTsM Kauman, menyampaikan, “Jadilah orang yang berilmu, berterima kasih kepada orangtua telah menempatkan kita di tempat yang tepat. Jadilah orang yang bersungguh-sungguh dalam belajar, kelak Allah akan membawa kita menuju cita-cita. Allah berada dekat dengan kita, maka melalui FORTASI ini, mari kita mohon doa agar Allah menanamkan jiwa pembelajar yang tak henti-hentinya.” Ungkapan tersebut mencerminkan semangat pengembangan diri dalam lingkungan pendidikan di MTsM Kauman.

 

Acara yang dibuka dengan Penyematan Pin Peserta secara simbolis oleh Dra. Yuliar dan Insan Adha ini mengusung tema “Ta’aruf Pribadi Pelajar Muhammadiyah Yang Kritis Berkharakter Islami dan Berakhlak Mulia Demi Terwujudnya Pelajar Muhammadiyah yang Siap Menjadi Kader Sesungguhnya” dan dihadiri oleh Wakil Mudir Bidang Pengasuhan Kauman, Insan Adha Hasibuan.

Adib Khairillah, Ketua IPM, menjelaskan bahwa peserta FORTASI akan diperkenalkan dengan berbagai aspek budaya di Pondok Pesantren KAUMAN. “FORTASI kali ini akan memberikan materi tentang pengenalan, struktur kurikulum, tata tertib, dan ekstrakurikuler di KAUMAN, serta Tarjih. Acara ini akan ditutup dengan agenda Outbound di MIFAN. Harapannya, kegiatan ini dapat menciptakan rasa nyaman dan cinta dari peserta terhadap KAUMAN,” ujarnya.

FORTASI menjadi momen penting bagi para santri baru untuk berkenalan dengan lingkungan pendidikan dan memahami nilai-nilai Muhammadiyah yang dijunjung tinggi. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan potensi diri, meningkatkan kualitas akademik dan kepribadian, serta membangun rasa kebersamaan dalam komunitas pelajar Muhammadiyah.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025