Ar – Risalah Padang Tergiur dengan Kolaborasi ISTEM dan IKM di Pontren  KAUMAN

Padangpanjang– Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan menyambut Tahun Pelajaran 2023/2024, Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang, kunjungi Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padangpanjang untuk lakukan studi tiru. Senin (3/7/2023).

 

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala MAS Perguruan Islam Ar Risalah, H. Aslam Hadi, Lc ini membawa serta Wakil Kurikulum, Kepala Tata Usaha, Wakil Kesiswaan, Koordinator Literasi, serta Wakil Sarana Prasarana. Kedatangan mereka disambut langsung oleh pihak pimpinan Pondok Pesantren KAUMAN.

 

Dr. Derliana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pondok Pesantren KAUMAN dalam progresnya akan selalu berkolaborasi dengan setiap lembaga baik itu pemerintahan maupun pendidikan.

 

“Dalam proses penerapan IKM di KAUMAN, kita mengkolaborasikan dengan ISTEM (Islamic, Science, Technology, Enginerrring, and Mathematic) di mana akan disediakan pekan terakhir di bulan Agustus dan September untuk membuat project. Inilah yang dinamakan merdeka belajar. Di sini juga guru akan terlibat aktif dalam pembuatan product serta akan diadakannya presentasi dan evaluasi terkait project yang telah dibuat tersebut”

 

 

“Melihat success story dari KAUMAN di IKM kita juga ingin menerapakan IKM di TP 2023/2024 ini di Ar- Risalah. Melihat kesamaan dari segi Boarding School kita merasa KAUMAN adalah tempat yang cocok untuk kita pelajari.  Harapannya silaturahmi hari ini akan membentuk kolaborasi lebih lanjut baik itu dalam pengembangan ekstrakurikuler dan pengembangan guru” ucap Kepala Madrasah tersebut.

 

Dalam forum tersebut juga dihadiri oleh Wakil Kurikulum Kauman, Meri Astuti S.Pd, Beliau menjelaskan “Pengelolaan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler ditata sedemikian rupa serta 20% Pembelajaran diberikan ruang kepada Project. Selain itu Kerjasama dengan berbagai pihak juga dijalin agar memberikan ruang pengenalan dunia kerja dan industri kepada santri” tegasnya.

 

Terimakasih telah menerima kami, welcome terhadap kehadiran kami sehingga apa yang kami harapkan dapat kami manfaatkan. Kehadiran kesini untuk belajar penerapan kurikulm merdeka karena ini tahu pertama kami melaksanakannya. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025