Santri KAUMAN Menyemai Minat Baca dan Pengetahuan Melalui Kunjungan Literasi yang Menginspirasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Hatt

Bukittinggi, Humas – Pesantren KAUMAN, lembaga pendidikan yang mengutamakan pengembangan ilmu pengetahuan dan keagamaan, menggelar Kunjungan Literasi yang bertujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan minat baca para santri serta memperluas wawasan mereka melalui interaksi langsung dengan dunia literasi di luar pesantren. Kali ini, melibatkan anggota sahabat pustaka KAUMAN, destinasi mereka adalah Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi, sebuah tempat yang kaya akan pengetahuan dan Sejarah, Selasa (06/02).
 
Kegiatan dimulai dengan persiapan yang matang dari para sahabat pustaka KAUMAN. Sebelum keberangkatan Ustadz Insan, wakil mudir, memberikan arahan tentang pentingnya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Didampingi oleh Umi Tia sebagai pustakawan, para sahabat pustaka diberi arahan untuk menjaga sikap sebagai santri KAUMAN di luar sana, yakni dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan sopan santun.
 
Sahabat pustaka KAUMAN berangkat ke Bukittinggi dengan semangat yang membara. Sesampainya di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, mereka disambut dengan hangat oleh staf di sana. Bapak Ikhbal, selaku pustakawan, dengan ramah memandu sahabat pustaka KAUMAN dalam library tour. Dalam perjalanan, mereka diberi penjelasan mendalam mengenai sejarah dan koleksi perpustakaan, serta diberikan pemahaman akan pentingnya literasi dalam pengembangan pribadi dan sosial.
 
Para santri diajak untuk menjelajahi setiap sudut perpustakaan, memperhatikan koleksi buku yang beragam. Mereka diberi penjelasan mendalam tentang sejarah perpustakaan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pengalaman ini tidak hanya membuka wawasan, tetapi juga meningkatkan apresiasi mereka terhadap pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari.
 
Selanjutnya, para santri diajak untuk menonton di studio mini yang disebut dengan ruang teater perpustakaan. Di sana mereka menonton biografi Bung Hatta yang menginspirasi, menjadikan tokoh tersebut sebagai contoh yang patut diikuti dalam perjalanan hidup. Setelah itu, mereka diberi kuis yang diikuti dengan antusiasme tinggi. Santri KAUMAN menjawab dengan baik, menunjukkan pemahaman yang mendalam akan materi yang telah mereka saksikan.
 
Setelah sesi tontonan dan kuis selesai, para santri diberi kebebasan untuk berkeliling dan berekreasi di perpustakaan. Mereka terlihat sangat menikmati momen tersebut, beberapa bahkan terlibat dalam diskusi informal dengan staf perpustakaan tentang berbagai topik yang menarik minat mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kunjungan literasi selain memberikan pengetahuan, juga memupuk rasa ingin tahu dan interaksi sosial yang positif.
 
Sementara itu, Tia Afsari Syaiful, A.Md, sebagai pustakawan KAUMAN melakukan pertemuan intensif dengan pustakawan Proklamator. Mereka berdiskusi tentang perkembangan dunia pustaka, terutama terkait digitalisasi perpustakaan. Tia aktif bertukar pendapat dan pengalaman dengan pustakawan Proklamator, serta belajar tentang inovasi-inovasi terkini dalam pengelolaan dan penyediaan layanan literasi, yang nantinya ilmu ini akan di terapkan dan kembangkan di perpustakaan pesantren KAUMAN guna untuk meningkatkan layanan pada santri yang berbasis digitalisasi dan lebih modern.
 
Setelah diskusi selesai, pustakawan Proklamator, Muhammad Ikhbal memberikan pesan kepada santri KAUMAN, “Kunjungan teman-teman hari ini adalah langkah awal yang berarti dalam perjalanan literasi dan pengetahuan. Perlu diingat bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk membaca buku, tetapi juga sebagai tempat untuk berekreasi dan belajar. Saya berharap teman-teman semua dapat menyerap ilmu selama kunjungan berlangsung serta juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kunjungan ini menjadi pemicu bagi teman-teman untuk terus mengeksplorasi dunia literasi dan semoga bertemu Kembali di kunjungan selanjutnya.” Ucapan tersebut memberikan motivasi tambahan bagi para santri KAUMAN untuk terus mengembangkan minat baca dan pengetahuan mereka di masa depan. Santri KAUMAN diharapkan untuk datang kembali di lain waktu untuk terus mengeksplorasi sumber pengetahuan yang tersedia di perpustakaan. Pustakawan Proklamator juga menegaskan pentingnya memanfaatkan layanan digitalisasi perpustakaan dalam mengakses informasi dan menumbuhkan minat baca yang tinggi.
 
Setelah kunjungan literasi selesai, santri KAUMAN melanjutkan perjalanan ke Jam Gadang untuk berwisata dan mempelajari kebudayaan lokal. Mereka berkeliling, mengamati arsitektur dan sejarah Jam Gadang, serta berinteraksi dengan masyarakat lokal untuk memperdalam pemahaman mereka akan budaya dan tradisi setempat. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama di depan Jam Gadang, sebagai kenang-kenangan akan pengalaman berharga dalam kunjungan literasi dan eksplorasi budaya di Bukittinggi.
 
Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga dalam pengembangan literasi dan pengetahuan, tetapi juga mempererat hubungan antara pesantren dengan perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Para santri KAUMAN kembali ke pesantren dengan rasa kepuasan dan semangat baru untuk terus mengeksplorasi dunia literasi dan pengetahuan. Mereka membawa pulang banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang akan membantu mereka dalam perjalanan pendidikan dan kehidupan mereka di masa depan.
Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025