Pontren Kauman Gelar Talk Show Sukses Seleksi dan Kuliah di PTN Favorite

Padangpanjang- Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang menggelar Talk show bertema “Sukses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan”. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Pondok Pesantren dengan Master Prima Malang. Jum’at (27/01).
 
Mudir Pondok Pesantren Kauman, Dr. Derliana menyampaikan bahwa dalam beberapa tahapan ke depan pondok pesantren akan sering berkolaborasi dengan pihak-pihak perguruan tinggi agar para santri yang akan melanjutkan pendidikannya mendapatkan wawasan dalam memilih jurusan yang tepat untuk santrinya.
 
“Kita akan terus melakukan kolaborasi ini. Kita ingin jembatani para santri yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Baik negri, swasta maupun sekolah kedinasan,” ungkapnya.
 
Dikatakannya bahwa beberapa bulan yang lalu Pondok Pesantren telah melakukan kerjasama bersama Universitas Indonesia, UNPAD, UGM, ITB, IPB serta Universitas Negri lainnya. Selain universitas negri Pondok Pesantren sebutnya juga telah melakukan kerjasama dengan UMM, UMY dan Universitas swasta yang memiliki rangking terbaik di Indonesia.
 
Dalam kesempatan ini beliau juga berharap dapat bekerja sama dan mendapatkan bimbingan dari sivitas akademika kampus-kampus yang di Indonesia untuk menyiapkan dan memastikan santri-santri Pondok Pesantren Kauman mendapatkan layanan pendidikan yang terbaik.
“Sekolah selain memberikan pendidikan yang baik dan mencerdaskan juga mesti menjadi jembatan untuk cita-cita pendidikan santri yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.
 
Talkshow ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana kehidupan perkuliahan di perguruan tinggi, lengkap dengan bagaimana langkah sukses dalam menjalani seleksi masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan oleh para santri.
Dihadapan ratusan santri Pondok Pesantren, H. Hasyim Ashari,S.Pd., C. PS, yang hadir sebagai pemateri membahas dan memaparkan terkait kegiatan akademik dan non akademik, fasilitas yang ada di kampus, prestasi-prestasi yang bisa diraih, jalur masuk universitas, tingkat keketatan masuk Universitas, dan prodi favorit dari setiap universitas. Pembahasan inti terkait bagaimana cara agar sukses dalam seleksi masuk PTN dan sukses menjalani kuliah di PTN juga dibahas tuntas dalam acara ini.
 
Berdasar paparannya dapat disimpulkan bahwa untuk dapat sukses masuk PTN para pendaftar harus benar-benar bekerja keras mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mengenali potensi atau mengukur kemampuan yang ada di dalam diri, dan memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah di tetapkan oleh masing-masing universitas, serta yang tak kalah penting ialah percaya pada kekuatan doa.
 
“Harus kerja keras, harus betul-betul mempersiapkan prodi apa yang diinginkan tetapi juga harus dilihat betul kemampuan diri, misalnya di prodi farmasi yang tingkat persaingannya begitu besar, mampu tidak ya untuk bersaing, jadi selain memilih prodi juga harus mengukur kemampuan peserta seperti apa dan pastinya harus berdoa dengan sungguh-sungguh”, tuturnya.
 
Prayogi Mulia, S.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih dan apreasiasi karena acara Talkshow berjalan dengan lancar. Beliau berharap berbekal pada informasi yang telah disampaikan oleh narasumber dari Master Prima Payakumbuh di acara Talkshow kali ini santri Pondok Pesantren dapat lolos seleksi masuk PTN sesuai dengan minat masing-masing tanpa mendapat hambatan apapun.
 
“Setiap tahun kami selalu berupaya bagaimana santri kita dapat kuliah di perguruan tinggi sesuai dengan cita-cita dan keinginan mereka. Semoga dengan informasi yang kita dapatkan hari ini dapat membuka wawasan dan pilihan mereka nantinya,”tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025