Pesantren KAUMAN Hadirkan Dokter untuk Memberikan Edukasi tentang Anemia dan LGBT

Padang Panjang, HUMAS – Pesantren KAUMAN menggelar upacara bendera Hari Senin tanggal 27 Mei 2024. pelaksana upacara hari ini adalah tim KKR (Kader Kesehatan Remaja) dan pembina upacara dokter umum dari UPTD Puskesmas Koto Katik, dr. Wulan Octaviani, Senin (27/04).

Sebagai pembina upacara, dalam amanatnya  dr. Wulan menyampaikan pesan penting kepada santri tentang bahaya anemia dan LGBT. dr wulan menegaskan bahaya anemia bagi remaja adalah tidak fokus dalam belajar,Emosi terganggu. untuk mengatasi anemia ini,dr wulan menganjurkan para santri untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan menghindari konsumsi kopi, teh, dan coklat setelah makan karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Dr. Wulan juga menjelaskan tentang LGBT, Kasus LGBT sekarang  sangat mengkhawatirkan.  terdapat 20.000 kasus LGBT di Sumatera Barat, dengan 14.000 kasus didominasi oleh homoseksual. Ia menjelaskan bahwa LGBT dapat menyebabkan berbagai penyakit masyarakat yang berbahaya, termasuk HIV, Hepatitis B, dan sifilis. Di Padang Panjang sendiri sudah terdapat beberapa kasus HIV yang umumnya diidap oleh para pelaku penyimpangan seksual.

Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya HIV, menurut dr. Wulan, antara lain keluarga yang kurang harmonis dan lingkungan yang tidak sehat. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari semua pihak untuk menekan kasus HIV. Dr. Wulan menjelaskan bahwa HIV dapat menyebar dengan cepat karena pelaku LGBT cenderung melakukan hubungan seksual yang berisiko.

Ia menutup amanatnya dengan menyerukan pentingnya hubungan sosial yang baik untuk mengatasi masalah penyakit ini. “Dibutuhkan hubungan sosial yang bagus dari semua pihak untuk mengikis habis masalah penyakit masyarakat,” Ujarnya.

Nisrina wahyuni,amd,kep sebagai pembina KKR mengatakan bahwa upacara bendera kali ini tidak hanya memperkuat rasa nasionalisme para santri, tetapi juga memberikan wawasan penting tentang kesehatan dan isu-isu sosial yang sedang dihadapi.

Sementara itu, Dr. Derliana,MA, Mudir Pesantren Kauman mengatakan “Ini adalah bentuk komitmen Pesantren KAUMAN untuk menjaga kesehatan para santrinya dan memastikan mereka tumbuh dalam lingkungan yang sehat dan aman,” Tutupnya.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025