Peduli Kesehatan Mental Remaja: Pelatihan Konselor Sebaya PIK R Pontren Kauman Membuka Harapan Baru

Padang Panjang, Humas- Suatu langkah maju dalam memperkuat dukungan bagi kesehatan dan pertumbuhan remaja, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Madrasah Aliyah (MA) KM Kauman Muhammadiyah Padang Panjang bekerjasama dengan Puskesma Koto Katiak dan Dinas Sosial Kota Padang Panjang menyelenggarakan Pelatihan Konselor Sebaya di Aula FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada Selasa – Rabu (1-2 /08).

 

Pelatihan tersebut dihadiri oleh anggota PIK R Qawiyyun Ammin, KAUMAN ini dirancang untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan konseling kepada peserta agar dapat lebih efektif dalam mendukung teman sebaya mereka dalam menghadapi masalah pribadi dan sosial, serta membantu mengembangkan potensi positif yang dimiliki oleh setiap remaja.

 

Ns. Sri Kumala Devi, M.Kep., Sp. An selaku narasumber “Remaja itu unik, ia hadir dimasa peralihan dimana dia mulai memiliki permasalahan dan dituntut untuk mengurus dan bertanggungjawab dengan diri sendiri. Namun tak jarang dari mereka yang tidak siap dengan tantanggan tersebut. Selain ilmu agama yang menjadi dasar paling kuat dalam menjalani kehidupan dibutuhkan juga kesadaran dan skill untuk menjalani perjalanan hidup agar lebih baik. Itulah konselor sebaya hadir”, tuturnya

 

Acara yang bertajuk bertajuk “Melalui Konselor Sebaya Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pertumbuhan , Perkembangan Bagi Remaja Sesuai Dengan Potensi Yang Dimiliki” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Kesiswaan MA KM KAUMAN, Egia Putra Penauangan, S.E. Beliau menyampaikan “ Hanya satu alasan manusia terus menjalani kehidupan yaitu Harapan. Dengan dibekali minat dan bakat, harapan akan tumbuh selaras dengan kesungguhan. Ikutilah agenda ini dengan sungguh-sungguh, jadilah aktif dan proaktif serta catat materi” pesannya.

Agenda ini berlangsung selama dua hari dan menampilkan serangkaian seminar inspiratif dan kegiatan interaktif yang didesain untuk memperkuat keterampilan konseling sebaya dan meningkatkan pemahaman tentang kesehatan mental. Beberapa Narasumber dan topik dijelajahi dalam acara ini meliputi: (1) Konsep PKPR dan Petunjuk Teknik Pelaksanaan PKPR di Sekolah Deteksi dan Penanganan Kekerasan Pada Remaja (Ns. Sri Kumala Devi, M.Kep., Sp. An). (2) Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pubertas, Napza dan Merokok Pada Remaja. (dr. Dewi Oktavia). (3) Pencegahan dan Penanggulangan Kehamilan Pada Remaja (Gusnimar, STr.Keb). (4) Pelayanan Gizi Remaja (Wenny Sartika, SKM). (5) Tumbuh Kembang Remaja Pelayanan Kesehatan Jiwa Remaja (dr. Yunita Saraswati). (6) Konsep dan Praktik Konselor Sebaya (Lenny Marlina, Amd.Kep. bersama Ns. Sri Kumala Devi, M.Kep., Sp. An dan Dwi Ainil Riani, AMKG)

“”Kegiatan ini seperti Gayung bersambut, Dimana PIK R
sedang gencar-gencarnya dalam persiapan Madrasah Siaga Kependudukan  (MSK) Tingkat Nasional, kemudian Pihak
Puskesmas Koto Katiak menawarkan Pelatihan ini dalam mendukung  MSK. Biasanya Pelatihan serupa merupakan
program yang direquest oleh sekolah pada pihak PUSKESMAS tapi melihat track
record PIK R dalam setahun terakhir, selain Juara 1 MSK Tingkat Provinsi
Sumatera Barat dan sering kali mendapatkan juara Duta Genre maka Pelatihan ini
ditawarkan kepada KAUMAN” terang Pembina PIK R, Hilyati Fadhilah, M. Pd, Kons.

Kami berharap melalui pelatihan ini, para konselor sebaya
dapat semakin peka terhadap permasalahan dan kebutuhan teman-teman sebayanya.
Dengan meningkatnya derajat kesehatan mental, pertumbuhan, dan perkembangan
yang positif, diharapkan akan tercipta generasi muda yang kuat, mandiri, dan
siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan” tambahnya. 

Diharapkan, dengan peningkatan kualitas konselor sebaya ini, PIK R MA KM Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dapat semakin efektif dalam membantu remaja mengatasi berbagai masalah, mengembangkan potensi diri, dan mencapai kesehatan mental yang optimal demi masa depan yang lebih cerah. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025