Pleno ke-II : Rangkaian Musyawarah Ranting LVI PR IPM Pesantren Kauman, Laporan Pertanggung Jawaban Sebagai Transparansi Dan Akuntabilitas

Padangpanjang, HUMAS – Pada Senin pagi, 22 Januari 2024 di Aula AR Suntan Mansur, PR IPM Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang gelar Pleno ke-II dalam rangkaian Musyawarah ranting yang ke LVI. Agenda kali ini Laporan Pertanggung Jawaban, sebuah kegiatan untuk memberitahukan kepada santri dan guru mengenai program-program dan kinerja mereka selama mengemban amanah di PR IPM selama tahun periode 2023/2024.

Ketua PR IPM, Adib Khairillah, dengan semangat membuka kegiatan tersebut dan memberikan sorotan awal. Dalam pidatonya, Adib menyampaikan bahwa sebanyak 40 program kerja telah terselesaikan sesuai dengan pedoman administrasi petugas ortomon selama setahun periode kepemimpinannya.

Semua bidang PR IPM, yang berjumlah tujuh bidang, turut ambil bagian dalam menyampaikan laporan kegiatannya. Mereka memaparkan dengan jelas kegiatan yang telah dilakukan, mengidentifikasi masalah yang dihadapi selama pelaksanaan, serta menyajikan rincian dana masuk dan keluar sebagai wujud transparansi di keanggotaan PR IPM.

Adib menyatakan pentingnya transparansi ini dan berharap agar semua laporan dapat tersaji dengan jelas. “Ini adalah tanggung jawab kami untuk memastikan setiap aspek kegiatan terungkap dengan transparan kepada semua pihak terkait”, Ucapnya.

Salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat dengan pelaksanaan pelatihan protokol rel, dimana setiap personil PR IPM diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa setiap individu yang terlibat dalam PR IPM memiliki pemahaman yang lebih baik dalam melaksanakan tugas mereka.

Sejak Adib menjabat sebagai ketua PR IPM, mereka berhasil menjalankan 40 program kerja yang telah direncanakan. Dalam sebuah inovasi signifikan, PR IPM merancang kumpulan administrasi yang akan tersedia untuk periode selanjutnya. Dr. Derliana MA., Mudir Pesantren Kauman, menggambarkan ini sebagai agenda tahunan yang bagus. Dengan administrasi yang dapat diakses oleh semua, diharapkan program-program yang sudah terlaksana dapat menjadi panduan untuk periode-periode berikutnya.

Dr. Derliana MA. menambahkan, “Ini luar biasa. Kita dapat melihat setiap bidang mempresentasikan programnya, melihat program-program yang sudah terlaksana, mengidentifikasi masalah, menawarkan solusi, dan secara terbuka membahas keuangan. Umi harap kegiatan ini memberikan landasan yang kuat untuk melanjutkan program-program yang sudah terbukti berhasil di periode-periode selanjutnya”, Ujar Derli.

Kegiatan Laporan Pertanggung Jawaban PR IPM ini tidak hanya sekadar laporan rutin, tetapi juga menjadi bukti nyata PR IPM Pesantren Kauman dalam membangun transparansi, akuntabilitas, dan pengembangan berkelanjutan dalam lingkungan pendidikan.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025