Kuliah Penuh Inspirasi: Pontren Kauman Menghadirkan Dosen Bahasa Arab dari Malaysia

Padang Panjang, Humas Kauman – Dalam upaya meningkatkan keterampilan Bahasa Arab dan menjadikan proses belajar lebih menyenangkan, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang mengadakan sebuah kuliah umum bahasa Arab yang mengundang seorang dosen Bahasa Arab dari Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) pada Sabtu (27/5). Kuliah tersebut bertujuan untuk memberikan santri-santri Pondok Pesantren Kauman wawasan baru, tips, dan trik dalam belajar bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan.

 

Prof. Dr. Mohammad Najib bin Jaffar, seorang ahli bahasa Arab yang penuh pengalaman, menjadi pembicara dalam kuliah ini. Ia membagikan pengalaman dan metode efektif dalam belajar bahasa Arab kepada para santri. Dalam penjelasannya, ia menekankan pentingnya kolaborasi multimedia, musik, dan teknologi dalam memaksimalkan pembelajaran. Ia juga mengajak santri-santri untuk berpartisipasi dalam aktivitas kreatif seperti permainan bahasa, berdialog dalam bahasa Arab, mendengarkan cerita menarik, serta menyanyikan lagu berbahasa Arab. Tujuannya adalah untuk mengubah persepsi sulitnya mempelajari Bahasa Arab menjadi sesuatu yang menarik, interaktif, dan mengasyikkan.

 

Dr. Derliana, MA, selaku Mudir Kauman, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan pentingnya dalam meningkatkan motivasi dan minat santri dalam belajar Bahasa Arab. Ia berharap bahwa dengan metode belajar yang lebih menyenangkan, santri-santri akan menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam mempelajari Bahasa Arab.

 

Kuliah umum ini merupakan bagian dari komitmen Pontren Kauman dalam memberikan pendidikan berkualitas dan inovatif kepada santri. Harapannya adalah bahwa kegiatan semacam ini dapat memberikan dampak positif dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilan Bahasa Arab, sehingga menghasilkan generasi yang mahir dalam Bahasa Arab dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan studi keislaman mereka.

 

Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan dapat terus memperkaya pengalaman belajar santri dan menginspirasi mereka untuk terus bersemangat dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab. (SEA)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025