Sinergi Pontren Kauman dan Puskesmas Koto Katiak: Menginspirasi Santri dalam Sosialisasi Kesehatan dan Hidup Bersih Sehat

 

Padang Panjang, Humas Kauman- Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menjalin kolaborasi yang erat dengan UPTD Puskesmas Koto Katiak dalam sebuah program sosialisasi kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS). Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran santri akan pentingnya kesehatan dan PBHS di kalangan mereka.

 

Program sosialisasi tersebut diadakan pada Sabtu, 27 Mei, dengan melibatkan dokter Yunita Saraswati dari Puskesmas Koto Katiak sebagai pembicara utama. Dalam kegiatan ini, dr. Yunita Saraswati memberikan penjelasan yang komprehensif tentang berbagai aspek kesehatan, termasuk kebersihan diri, pola makan sehat, pentingnya olahraga, dan manfaat vaksinasi. Santri juga didorong untuk memahami dan menerapkan perilaku hidup bersih, seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari kebiasaan merokok.

 

Mudir Kauman, dr. Derliana, MA, menyampaikan harapannya terkait kolaborasi ini, “Melibatkan santri-santri dalam sosialisasi kesehatan adalah upaya kami untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan mereka. Kami berharap pengetahuan yang mereka peroleh dalam kegiatan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi contoh bagi orang lain.”

 

Petugas kesehatan Pontren Kauman, Nisrina Wahyuni, A.Md. Keb, juga menyampaikan harapannya, “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kesehatan santri dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Dengan pengetahuan yang mereka peroleh, kami berharap santri-santri ini dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan PBHS di masyarakat.”

 

Program sosialisasi ini menjadi bagian dari program BERHIAS (Bersih, Hijau, Indah, dan Asri) yang diterapkan di Pondok Pesantren Kauman. Kolaborasi antara Pondok Pesantren dan UPTD Puskesmas Koto Katiak menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kualitas hidup santri dan menciptakan lingkungan yang sehat.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan santri Pondok Pesantren Kauman. Dengan pengetahuan yang diperoleh, santri-santri ini diharapkan dapat menjadi teladan dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan PBHS di masyarakat luas. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025