Inovasi Pendidikan: Klinik Biologi Pontren Kauman  Membuka Pintu Prestasi

 

Padang Panjang, 28 Agustus 2023 – Terobosan baru dalam pendidikan kembali dihadirkan oleh Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah di Padang Panjang. Dengan bangga, klinik biologi yang telah beroperasi selama satu bulan terakhir resmi diluncurkan, menawarkan siswa kesempatan unik untuk mengeksplorasi dan mendalami ilmu biologi dengan pendekatan praktikum yang mendalam.

 

Dilaunching oleh Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA mengungkapkan “Klinik biologi ini merespons kebutuhan akan pembelajaran yang lebih holistik dan interaktif dalam ilmu biologi. Dengan penuh dedikasi, klinik ini melayani siswa yang ingin mengembangkan pemahaman mendalam tentang dunia mikroskopis dan makroskopis serta melibatkan diri dalam praktikum yang mendorong pemahaman konseptual yang lebih baik”.

Klinik biologi telah mendapat sambutan hangat dari para siswa yang bersemangat dalam memperdalam ilmu biologi. Salah satu cerita sukses yang menginspirasi adalah perjalanan Fauzil dan Noeris, dua siswa yang telah menjadikan klinik ini sebagai pusat pembelajaran utama mereka dalam persiapan olimpiade biologi.

Fauzil dan Noeris, dengan tekun dan semangat yang tak tergoyahkan, telah berkonsultasi dan belajar di klinik biologi ini. Hasil kerja keras mereka tidak sia-sia, karena baru-baru ini M. Rifqy Muzaki Noeris berhasil meraih juara 3 dalam olimpiade biologi tingkat SMA se Sumatera Barat di UIN Batusangkar yang diadakan pada .  Dalam perlombaan yang sama, Fauzil Sawfa Ramadhan meraih Juara Harapan 2 Tingkat SMP se Sumatera Barat. Prestasi ini membuktikan bagaimana klinik biologi telah memberikan sumbangan berharga dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan siswa.

Klinik biologi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah berdiri di bawah naungan Tim KKG – Biologi yang terdiri dari Dra. Irna Dusky, Afdal, dan Diana Agustin. Tim ini memiliki komitmen untuk membimbing siswa dalam memahami konsep-konsep biologi secara menyeluruh dan memberikan mereka pengalaman praktikum yang mendalam.

Dengan peluncuran klinik biologi ini, Pontren telah membuka jendela baru bagi para pencinta ilmu biologi untuk menjelajahi lebih dalam tentang keragaman kehidupan dan proses-proses yang ada di alam. Diharapkan, melalui pendekatan interaktif dan praktikum yang disediakan oleh klinik ini, akan lahir generasi ilmuwan masa depan yang mampu berkontribusi secara signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025