Upgrade Skill Bahasa : Kauman Language Centre Gelar Festival Bahasa Arab

Padang Panjang, Humas –Acara Festival Bahasa Arab atau Mahrajan Al Arabiyyah dengan tema “Mencerahkan Langit Peradaban dengan Membumikan Bahasa Arab” sukses digelar pada Selasa (28/2) di Aula St. Mansur, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

 

Acara yang diadakan oleh Kauman Language Center/ KLC ini diikuti oleh seluruh santri MTs, X dan XI MA KMM serta para guru.

Dalam acara ini, para peserta diajak untuk membumikan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Bahasa Arab bukan hanya menjadi bahasa asing yang dipelajari, tetapi juga bahasa yang digunakan secara aktif dalam kehidupan sosial, budaya, dan intelektual masyarakat.

Dalam sambutannya, Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA menyampaikan bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki sejarah panjang dan kaya, serta menjadi bahasa pengantar ilmu pengetahuan, sastra, dan kebudayaan di dunia Islam.

“Bahasa Arab bukan hanya sebagai bahasa agama, tetapi juga sebagai bahasa pengetahuan dan kebudayaan. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, memahami Bahasa Arab menjadi semakin penting bagi kita sebagai umat manusia,” tegas kepala sekolah berprestasi tersebut.

 

Acara Festival Bahasa Arab ini diisi dengan berbagai penampilan menarik, seperti penampilan puisi, pembacaan Pancasila, tafsiran ayat al-quran, iklan, live music dan kuis  semua disajikan dengan Bahasa Arab.

 

 

 

 

Salah satu santri, Hasbi, mengaku sangat senang bisa mengikuti acara ini. Ia mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat sehingga bisa memotivasi mereka untuk memperdalam bahasa Arab dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan pondok.

Nicky Sondra, Lc. selaku Direktur KLC mengharapkan acara Festival Bahasa Arab ini dapat memotivasi santri untuk semakin membumikan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bahasa Arab tidak hanya menjadi bahasa asing, tetapi juga menjadi bahasa yang dipahami dan digunakan secara aktif di Pontren Kauman. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025