UPACARA PERINGATAN MILAD KE-61 IPM : ARUS UTAMA PELAJAR INDONESIA

Kauman Muhammadiyah Padangpanjang merayakan milad ke 61 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dengan upacara bendera. Upacara ini dilaksanakan pada Senin (18/7) dan diikuti oleh lebih dari 500 santri MtsM dan MA KMM Kauman.
di usia ke 61 tahun ini, IPM Sebagai etensitas gerakan pelajar di Indonesia perlu mengembalikan marwah dirinya sebagai pembawa bak keilmuan. Sebagai organisasi otonom Muhammadiyah, IPM berperan dalam melakukan pemurnian dan menjaga ideology pelajar dari terpaan ideology komunis yang marak disemaikan kala itu. Selain itu, kelahiran IPM memiliki dua posisi strategis yaitu pertama, IPM sebagai aksentuator gerakan dakwah amar makruf nahi munkar Muhammadiyah di kalangan pelajar. Kedua, IPM sebagai lembaga kaderisaasi Muhammadiyah yang dapat membawa misi Muhammadiya di masa yang akan datang.
 
Dr. Derliana menegaskan “Milad ke 61 IPM kita mesti menyadari bahwa IPM bersifat sebagai arus utama pelajar Indonesia. Kenapa? Menilik kembali semboyan IPM yaitu surat Al-Qalam ayat 1, Korelasi antara Nun’ dan Al Qalam telah menggambarkan hubungan yang sangat erat dengan literasi. Untuk itulah kaum pelajar mesti menyenangi dunia literasi. Membaca. Menulis. Tentunya makna ini tidak bermakna sempit yang sebatas kertas dan buku. Tapi melebihi itu. Membaca alam, membaca diri, membaca segala apa yang ada dan apa yang dirasa. Dan menuliskannya agar mampu memberikan kebermanfaatan bagi orang lain,”Ujar mudir kauman tersebut.
Ia menambahkan “Indonesia yang kali ini tergolong krisis literasi. masih dalam urutan ke 62 dari 71 negara kemampuan literasinya. untuk itu ummi menghimbau kita semua untuk terus meningkatkan kecintaan kita terhadap dunia literasi. itulah yang nantinya akan mengantarkan kita menjadi arus utama dalam dunia pendidikan Indonesia,” Tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025