UPACARA HARI SANTRI: SANTRI KAUMAN KENAKAN SARUNG

Padang Panjang – Humas, Sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober. Peringatan Hari Santri antara lain dilakukan dengan menggelar upacara Bendera. Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang melaksanakan Upacara Hari santri di Lapangan Kauman. Sesuai dengan intruksi dari Kementrian Agama yang telah menerbitkan edaran No SE 27 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022. Edaran ini antara lain mengatur bahwa upacara bendera Peringatan Hari Santri dilaksanakan serentak pada 22 Oktober 2022 dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Ust. Insan Adha Hasibuan dalam amanatnya menyampaikan sambutan dari menteri agama pada upacara hari santri, “Maksud dari tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Ibu Pertiwi memanggil mereka tidak sibuk dengan diri sendiri tapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, agama, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama,” Ujar Wakil Mudir Bidang Pengasuhan itu.

 

 

“Santri bisa jadi apa saja. tidak mulu soal agama tapi bisa merambah ke berbagai profesi. Namun tentu agama adalah hal yang  utama dan melekat di diri santri. Dengan begitu bisa menjaga martabat kemanusiaan, ” Tambahnya. 

Suasana santri begitu terasa dengan santri yang menggunakan celana dan peci hitam, baju putih serta sarung. Semoga dengan dengan upacara yang digelar ini, santri bisa menjaga martabat kemanusiaan dan martabat Indonesia. (SEA) 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025