Studi Lapangan PIK R Qowiyyun Amiin di Panti Sosial Bina Remaja Harapan

Padang Panjang, Humas – PIK R Qowiyyun Amiin kembali mengadakan studi lapangan pada hari Kamis, 8 Maret 2024, kali ini bertempat di Panti Sosial Remaja Harapan (PSBR) yang terletak di Silaing Bawah, Kota Padang Panjang. Kegiatan studi lapangan ini dilaksanakan sebagai bagian dari implementasi ilmu yang diperoleh PIK R dalam pelatihan konselor sebaya sebelumnya. Anak-anak PIK R diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu yang mereka miliki, sementara PIK R Qowiyyun Amiin sendiri merupakan wadah bagi santri untuk terlibat dalam kegiatan lapangan, Jumat (07/03).

PSBR adalah panti sosial yang memberikan perlindungan dan pembinaan kepada remaja berusia 15-21 tahun yang mengalami berbagai tantangan dalam kehidupan yang syarat masuk PSBR merupakan anak DTKS, yatim, dan piatu. PSBR berperan sebagai rumah bagi remaja yang membutuhkan tempat tinggal dan dukungan dalam menghadapi kesulitan keluarga, lingkungan dan pendidikan. Di sini, mereka tidak hanya disediakan tempat tinggal, tetapi juga diberikan beragam kegiatan dan pembekalan ilmu, seperti pelatihan menjahit, bordir, dan tata boga, untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi masa depan yang lebih baik. Remaja yang tinggal di PSBR menjalani program selama 6 bulan, dengan 5 bulan pembekalan ilmu dan 1 bulan magang

Tujuan kunjungan PIK R Qowiyyun Amiin ke PSBR Harapan adalah untuk memahami secara langsung kondisi dan keadaan remaja yang tinggal disana, termasuk latar belakang, kondisi sosial, serta tantangan yang dihadapi oleh mereka. Melalui kunjungan ini, PIK R berusaha untuk memahami alasan atau faktor-faktor yang menyebabkan remaja memilih untuk tinggal di PSBR. Selain itu, kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi anak PIK R Qowiyyun Amiin untuk menerapkan ilmu yang mereka pelajari dalam memberikan dukungan dan bimbingan kepada remaja di PSBR, sekaligus memberikan motivasi dan dukungan kepada mereka agar tetap semangat dalam mengejar impian mereka, terutama dalam hal pendidikan dan pengembangan diri. Hasil kunjungan ini membantu PIK R Qowiyyun Amiin untuk merumuskan strategi lebih lanjut dalam memberikan motifasi dan dukungan yang lebih efektif kepada remaja PSBR.

Ibu Oktra Zariati, Tata Usaha PSBR, mengatakan “Kami sangat berterima kasih kepada PIK R Qowiyyun Amiin yang telah memilih PSBR Harapan sebagai tujuan studi lapangan. Kunjungan ini telah memberikan inspirasi dan semangat baru bagi remaja di PSBR, serta menjadi bukti nyata bahwa PIK R peduli dengan kondisi sosial dan ingin memberikan dukungan yang berarti. Semoga kunjungan ini tidak hanya menjadi momen sekali saja, tetapi juga menjadi awal dari hubungan yang lebih erat dengan komunitas kami”, Ujar Oktra.

Pembina PIK R Qowiyyun Amiin, Ust. Prayogi Mulia Arianda, S.Pd menyampaikan harapan untuk para remaja PSBR semoga dapat menggali dan memperoleh ilmu yang bermanfaat selama waktu pembekalan dan ilmu tersebut dapat diterapkan di linkungan Masyarakat. “Dengan melihat semangat dan tekad tinggi remaja PSBR dengan segala keterbatasan, saya berharap anak PIK R Qowiyyun Amiin dapat meningkatkan tingkat keinginan dan motivasi belajar. Saya terinspirasi oleh semangat dan tekad remaja di PSBR dalam mengejar impian mereka, dan saya ingin mengingatkan santri PIK R Qowiyyun Amiin untuk terus berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita mereka dengan melihat fasilitas dan dukungan yang sudah maksimal yang mereka dapatkan”, Ucap Yogi.

Anak PSBR menyatakan kegembiraannya atas kunjungan anak-anak PIK R dan berharap mereka dapat berkunjung lagi ke PSBR di masa mendatang. Pesantren KAUMAN telah menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi anak-anak melalui studi lapangan di PSBR. Dengan pemahaman langsung tentang kondisi remaja di PSBR dan penerapan ilmu konselor sebaya, Pesantren KAUMAN berupaya memberikan kontribusi positif bagi perkembangan mereka. Melalui kunjungan, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak menuju kemandirian dan kontribusi positif bagi masyarakat.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025