Silaturrahmi Hadirkan Kolaborasi: Pontren KAUMAN dan Ponpes Darul Mursyid

Padang Panjang, Humas – Dalam suasana hangat dan penuh keakraban, Rombongan dari Pondok Pesantren Darul Mursyid Sipirok disambut dengan tulus oleh para pengurus dan santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Acara dimulai dengan sambutan oleh perwakilan dari kedua pondok pesantren yang menyampaikan rasa syukur atas kesempatan ini serta harapan agar pertemuan ini dapat memperkuat silaturrahmi dan memperluas pemahaman agama di antara kedua lembaga. . Demikian terungkap pada pertemuan di Ruang Hamka, KAUMAN pada Rabu (26/7).

Selama kunjungan ini, para santri dari kedua pesantren berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan berdiskusi tentang berbagai hal terkait  pengelolaan asrama dan pengembangan Bahasa inggris bagi santri.

Irmawan Mukmin selaku Kepala MA Darul Mursyid Sipirok mengungkapkan menguasai Bahasa Inggris membuka pintu kesempatan bagi santri untuk mengeksplorasi pendidikan dan peluang karir di tingkat internasional.

“Kita menyadari bahwa pentingnya Bahasa Inggris terlebih bagi santri. Mereka dapat mengeksplorasi pendidikan dan peluang karir internasional. Untuk itulah kita ingin mengadakan English Camp. Program ini akan diikuti oleh 80 orang santri  kelas X Pontren Darul Musyrid Sipirok.  English Camp akan dilaksanakan di Harau, Kabupaten 50 Kota pada pertengahan September 2023” tuturnya.

Dr. Derliana, MA selaku Mudir Pontren KAUMAN menyatakan komitmennya untuk kolaborasi dalam mensukseskan program tersebut. , menunjukkan semangat dalam mendukung kemajuan dan pengembangan bahasa Inggris di kalangan santri.

“KAUMAN memang sedang gencar-gencarnya dalam penerapan Bahasa Asing terlebih pada Bahasa Arab dan Inggris. Di sini ada komunitas Kauman Language Center (KLC) yang mewadahi santri dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris dan Arab. Mereka juga sudah meluncurkan Buku Pedoman Bahasa Inggris dan Arab khusus bagi santri KAUMAN. Mereka siap mensukseskan program ini” terangnya.

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para santri, tetapi juga memperkuat kerjasama antara kedua lembaga pondok pesantren, serta membuka peluang untuk program-program kolaboratif lainnya di masa depan. Kebersamaan dan semangat saling mendukung di antara Pondok Pesantren Darul Mursyid Sipirok dan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang akan menjadi modal penting dalam mencapai tujuan bersama untuk kemajuan pendidikan dan pemahaman agama yang lebih luas dan mendalam bagi santri. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025