Sekitar 70 Persen Tamatan Kauman Diterima di PTN

Sekitar 70 persen santri tamatan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Mudir Pesantren Dr. Derliana menjelaskan, jumlah tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya, yakni lulus di SNMPTN hanya 2 siswa dan SPAN PTKIN hanya 13 siswa.

“Alhamdulillah, ini merupakan berkah Ramadhan bagi kami. Santri yang lulus PTN meningkat secara singnifikan dari tahun lalu yang hanya 2 anak sekarang 17 anak. Begitupun dengan yang PTAIN, tahun lalu hanya 13 anak sekarang 47 anak,” ungkapnya.

Menurut Derliana, keberhasilan tahun ini semakin menunjukkan eksistensi Pesantren Kauman dalam mengantarkan siswanya ke PTN. Ia menambahkan, untuk tahun inipun terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari segi kualitas perguruan tingginya. Hal tersebut dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang lulus di PTN terbaik nasional.

“Untuk SNBP santri kita lulus di Universitas Indonesia (UI), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negri Padang (UNP), Universitas Syiah Kuala (USK), dan beberapa kampus terbaik lainnya,” jelasnya.

Sementara untuk PTKIN sebutnya santri Kauman lulus di UIN Syarif Hidayatullah, UIN Malang,  UIN Kalijaga, Gunung Djati, UIN Ar-Raniry Banda Aceh,  UIN Sumatra Utara, UIN IB Padang, UIN Bukittinggi, UIN Suska Riau, UIN Sultan Thaha Jambi, UIN Batusangkar. Bahkan menurut ibu tiga anak ini, sebelum hasil SN dan SPAN PTKIN keluar, beberapa santrinya sudah ada yang diterima di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Dua orang santri kita sebelum SN dan SPAN PTKIN sudah dipastikan diterima di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Kelas Internasional. Ada juga yang lulus satu orang di Poltekes Negri serta satunya lagi di Bakrie,” terangnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025