SAMBANGI PONDOK PESANTREN KAUMAN, SUIR SYAM: KAUMAN MESTI JADI EPISENTRUM LAHIRNYA ULAMA MINANGKABAU

Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes.,MMr menyambangi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Kehadiran Anggota DPR RI ini guna bersilatruahmi dengan keluarga besar pondok pesantren sekaligus melihat langsung proses pembangunan asrama putra pondok pesantren. Senin, (30/3).

 

Dalam kunjungannya, Suir Syam berpesan agar Kauman Muhammadiyah tetap bersinergi dalam melahirkan ulama-ulama hebat yang akan menjadi patron gerakan dakwah Muhammadiyah secara nasional.

 

“Kauman adalah tempat ulama-ulama besar  Minangkabau dilahirkan. Tetap konsisten dengan gerak dakwah Muhammadiyah sehingga kedepannya ulama-ulama yang dilahirkan dari sini akan menjadi pemimpin besar bangsa ini,” harap Suir Syam.

Lanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa pondok pesantren mesti melakukan pengembangan untuk melahirkan santri yang kuat dalam kemandirian skill.

 

“Program pondok pesantren juga harus dititikberatkan kepada pembinaan skill bagi santri agar ketika mereka selesai pendidikannya tidak serta merta menjadi pegawai negri sipil tapi membuka puang usaha dengan skillnya tadi,” katanya.

 

Disela-sela kunjungannya, Suir Syam juga melihat progres pembangunan asrama putra yang saat ini masih berjalan. Beliau juga menyampaikan akan berusaha mencarikan sumber anggaran untuk membantu pembangunan asrama tersebut sehingga gedung yang direncanakan dapat diselesaikan dan dipergunakan secepatnya

Sejalan dengan itu, Derliana selaku Mudir pondok pesantren menyampaikan bahwa kehadiran anggota DPR RI dapil Sumbar 1 ini untuk memperkuat silaturahmi dan juga berharap program DPR RI yang bisa disinergikan dengan pondok pesantren.

 

“Kita berharap ada pogram DPR RI untuk membantu pondok pesantren. Program-program pendidikan yang sejalan dengan tupoksi DPR RI komisi IX. Kemaren sudah ada program BLK Komunitas yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, nah ke depannya kita berharap ada lagi program-program yang bisa menjadi jalan untuk pengembangan pondok pesantren baik itu fisik maupun non fisik,” harapnya. (JED) 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.