RIDHO AL FARABI USAI MENGIKUTI KEGIATAN MADRASAH STUDENT LEARDERSHIP AWARD (MSLA)

Padangpanjang – Humas, Ridho Al Farabi santri kelas XI MA Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang ini telah menyelesaikan kegiatan Penguatan Leadership dan Karakter Siswa Madrasah Zona I Sumatera, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara pada ajang Madrasah Student Leardership Award (MSLA) di Bogor pada Senin s.d. Rabu, (5 s.d. 7 September 2022).

 

 

Kegiatan ini menghadirkan 33 orang siswa dari 12 provinsi di Indonesia berdasarkan hasil seleksi naskah pada MSLA.  MSLA ini bertujuan untuk  penguatan leadership dan karakter siswa madrasah Madrasah Aliyah ini berorientasi ke arah penguatan dan diseminasi peran madrasah dalam upaya penguatan karakter siswa, dalam kerangka besar pembangunan SDM Indonesia berkualitas dan berkarakter.

Direktur KSKK Madrasah, Prof.Dr.Moh.Isom, M.Ag , membuka acara yang di gelar di Padjadjaran Hotel ini secara resmi. Dalam sambutannya Beliau menjelaskan banyak aspek terkait pemimpin, yakninya fisik, logic, emosi, karakter, spiritual, kemampuan komunikasi dan negosiasi.

 

Ridho menceritakan pengalamanya dengan menyampaikan “Di sana kami belajar bayak hal. Ilmunya ‘daging’ semua, Kami bertemu pemateri yang kece-kece. Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Banyak teman baru, kemudian hal yang sangat ditekankan disini adalah kebersamaan,”

 

Ia menambahkan “Saya sangat berterima kasih dibimbing oleh ust. Egi. Setiap akhir sesi, beliau selalu mengevaluasi saya sehingga saya tahu bagaimana mesti berpendapat dan bertindak. Karena disini setiap akhir materi ada games dan sesi diskusi”

 

“Bagian terseru saya adalah di hari pertama peserta ada sesi  penyampaian materi tentang rencana aksi/membuat cerita aksi oleh fasilitator, meliputi penjelasan mengenai apa itu rencana aksi, bagaimana cara membuatnya, dan contoh rencana aksi dan di hari kedua kita diminta untuk Diskusi dan Presentasi Rencana Aksi Proyek Perubahan,”

 

Peserta MSLA diberikan tiga materi pokok yakni : KeIslaman dan KeIndonesiaan (narasumber: Aminuddin Ma’ruf (Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi dengan Kelompokkelompok Strategis)),   Manajemen Keorganisasian Naila Maye Haq, S.S (Sekretaris Bidang Hubungan Internasional PB KOPRI)), dan Personal  Branding dan Relasi Sosial Afif Yusuf Afifurrahan (AFA Training Center)).

 

Egi Putra Penauangan, S.E menuturkan “Acara ini sangat positif dan bermanfaat sekali, acara diisi dengan materi yang bagus dan dikemas dengan unik dan menarik. Selain ini materinya juga memiliki value dan benefit yang sangat besar bagi peserta, saya berharap acara ini bisa berkelanjutan unutk tahun-tahun berikutnya dengan harapan kita bisa melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas di masa depan, “Tutup pendamping MSLA tersebut. (SEA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.