Pontren Kauman Ikut Serta Kemandirian Pesantren Expo 2023 di UIN Bukittinggi

Padangpanjang, HUMAS-Dalam rangka memeriahkan hari santri nasional tahun 2023 pada Perguruan Tinggi Agama Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia gelar kegiatan kemandirian pesantren Expo di UIN Bukittinggi.

Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang selaku peserta dari kegiatan kemandirian pesantren expo ikut melaksanakan mempromosikan dan ekspose produk bisnis serta karya santri.

Bertempat di gedung Student Center UIN Bukittinggi, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum, mengatakan apresiasi kepada seluruh pondok pesantren yang ada di Sumatera Barat yang berkesempatan hadir dalam kegiatan Kemandirian Pesantren Expo tahun 2023.

“Segenap pimpinan dan civitas akademika UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengucapkan selamat datang kepada Bapak/Ibu/Ustadz/Ustadzah yang telah memeriahkan kegiatan kemandirian pesantren expo tahun 2023. Alhamdulillah, ini merupakan kegiatan pertama kalinya dilaksanakan di UIN Bukittinggi. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini pondok pesantren tidak hanya melahirkan generasi yang qur’ani dan intelektual saja tetapi pondok pesantren juga mampu dalam mengelola bisnis guna mengembangkan ekonomi lokal di sekitar pesantren dan juga membantu mensejahterakan komunitas yang ada dilingkungan pesantren itu sendiri,” pungkas Ridha.

Ia menambahkan, “Orang luar sana banyak mengeluarkan stigma negatif mengira bahwa banyak pondok pesantren yang tidak mencerminkan sebagai membangun peradaban yang memiliki nilai-nilai yang positif. Maka daripada itu, kami mengajak kepada seluruh pimpinan pondok pesantren yang hadir pada saat ini untuk menekan stigma negatif yang berkembang di masyarakat sekarang ini dengan dengan menumbuhkan dan melahirkan generasi-genrasi yang berakhlak mulia, berjiwa Qur’ani serta menciptakan inovasi-inovasi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman,” tegasnya.

Kegiatan ini dilaksnakan mulai 18-19 Oktober 2023. Tidak hanya satu dua unit usaha pesantren yang di pamerkan tetapi banyak inovasi-inovasi dan karya santri yang dipamerkan dalam kegaitan kemandirian pesantren Expo tahun 2023.(Ali)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025