PONTREN KAUMAN & FDI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, SEPAKAT JALIN KERJASAMA

Jakarta, Humas—Pimpinan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Dr. Derliana, MA, bersama Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Mohammad Syairozi Dimyathi Ilyas, M.A., menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang pendidikan, pengkaderan, sosialisasi kedua lembaga, dan pengabdian kepada masyarakat, Selasa, (18/10).
Hadir dalam penyambutan tersebut, Wakil Dekan bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Moch. Syarif Hidayatullah; Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Dr. M. Nurul Irfan; Kaprodi Program Sarjana, Aida Humaira, MA; Kaprodi Program Magister, Dr. Willy Oktaviano; Pranata Humas Muda, Iif Fikriyati Ihsani, MA; Kepala Urusan Perpustakaan, Zuhri, S.IP.
Pimpinan Pondok didampingi oleh Wakil Mudir bidang Humas & kerjasama, Surya Bunawan, MA, Sekretaris Pondok, Zainal Abidin, A.Md, Wakil Akademik Madrasah, Meri Astuty, S.Pd, Staff Tata Usaha, Wita Asmayati, dan Staff Humas , Ali Nurdiansyah, S.Pd.
Dr. Derliana, MA menuturkan bahwa sudah sejak beberapa tahun lalu, putra-putri alumni dari Pondok Pesantren Kauman lolos dan belajar di FDI UIN Jakarta. Kapasitas alumni Ponpes Kauman yang mampu berbahasa Arab dengan mumpuni dan juga kemampuannya dalam menghafal al-Quran sekaligus menjelaskannya dengan baik, serta mampu mengeksplorasi kitab-kitab kuning, menjadi daya dorong Ponpes Kauman untuk bekerjasama dengan FDI UIN Jakarta.
Lebih dari itu, Wakil Direktur Humas dan Kerjasama Ponpes Kauman, Surya Bunawan mengharapkan kerjasama juga berkembang ke dalam penguatan kapasitas Pendidik dan kualitas Pengajaran di Ponpes Kauman. Hal yang sangat ditunggu-tunggu dan segera dilaksanakan adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk Tenaga Pendidk dan Kependidikan di Pondok Pesantren serta di Madrasah-madrasah yang menjadi binaan, rekan dan partner dari Pondok Pesantren Kauman.
Terdapat dua dokumen yang berhasil dihasilkan dari pertemuan antara kedua belah pihak, yakni: (1) Dokumen Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani, (2) Dokumen Kerangka Acuan Kerja untuk penyelenggaraan Program dan Kegiatan sebagai bentuk implementasi kerjasama.
Semoga dengan perjanjian kerjasama ini, kedua pihak dapat saling memanfaatkan untuk pengembangan mutu pembelajaran dan meningkatkan kualitas sumber daya santri di masa depan.(AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *