Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang: Sukses Gelar Kegiatan Posyandu Remaja

Padang Panjang, Humas – Dalam upaya meningkatkan kesehatan fisik dan mental remaja, serta untuk membentuk kader-kader posyandu yang tangguh, Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang menggelar kegiatan Posyandu Remaja perdana pada hari ini. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program Madrasah Siaga Kependudukan Mas Kuliyatul Mubhalighien, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat dan kesejahteraan remaja, Senin (04/03).

Kegiatan Posyandu Remaja ini diikuti oleh santri dari PIK-R Qiwiyuun Amiin dan KKR Thabib Bin Qurra Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang. Para santri menunjukkan antusiasme yang tinggi dan komitmen mereka untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan diri.

Kegiatan Posyandu Remaja ini melibatkan beberapa posko, yaitu:
1. Posko Registrasi: Santri melakukan pendaftaran sebelum mengikuti kegiatan.
2. Posko Pencatatan: Di sini, data berat badan, tinggi badan, tensi, dan lingkar lengan santri dicatat untuk pemantauan kesehatan.
3. Posko Konselor Sebaya: Santri berinteraksi dengan konselor sebaya untuk berbicara tentang permasalahan dan tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Posko Edukasi: Santri mendapatkan edukasi tentang kesehatan dan kebersihan remaja sesuai dengan tema bulan ini. Selain itu, di akhir kegiatan, santri akan diberikan makanan dan minuman sehat.

Pihak puskesmas turut memantau kegiatan ini secara langsung, memberikan dukungan dan apresiasi atas upaya Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang dalam meningkatkan kesehatan remaja, Ibu Nrs. Sri Kumala Devi, M.Kep,Sp.An mengatakan “Tetaplah semangat, Pesantren KAUMAN! Saya sangat terkesan dengan kesuksesan dan kualitas kegiatan Posyandu Remaja yang dilakukan hari ini. Inisiatif yang luar biasa ini adalah contoh nyata dari komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kesehatan remaja. Pesantren KAUMAN telah menciptakan lingkungan yang kondusif dan terorganisir dengan baik, memfasilitasi pembentukan kader-kader posyandu yang berkualitas dan tangguh. Semoga semangat dan prestasi yang telah ditunjukkan hari ini dapat terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi pesantren lainnya dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dilingkungan pesantren”, Ujar nya.

Pembina Posyandu Remaja, Hilyati Fadhila, M.Pd, Kons. mengatakan “Kami sangat bangga melihat antusiasme dan partisipasi santri dalam kegiatan Posyandu Remaja ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan kesejahteraan kita semua”, Ujar nya.

Kegiatan Posyandu Remaja ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya pada minggu pertama setiap hari Senin. Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi kesehatan dan kesejahteraan remaja, serta menjadi langkah awal dalam pembentukan kader-kader posyandu yang berkualitas dan tangguh.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025