Perkuat Vokasi Madrasah, Santri Pontren Kauman Rutinkan Kunjungan Industri Percetakan

Padang Panjang, Humas – Ekstrakurikuler Desain Komunikasi Visual di Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang semenjak tahun 2021 aktif melaksanakan kegiatan studi edukasi ke dunia usaha dan industri percetakan dengan tujuan menguatkan kompetensi santri.

 

Dra. Yuliar, Kepala Madrasah Tsanawiyah Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap inisiatif ini. Kegiatan terbaru ini dilaksanakan pada Rabu, 13 September 2023, di Jaya Advertising Padang Panjang dan melibatkan partisipasi 13 santri.

 

Dra. Yuliar menyatakan “ Kegiatan semacam ini sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif. Pembelajaran tidak hanya di dalam kelas atau ruangan saja tapi juga harus outdoor learning guna menambah pengetahuan anak dalam dunia kerja. Pontren Kauman berkomitmen untuk terus memperkuat program-program vokasi santri demi masa depan yang lebih cerah bagi santri-santri” ujarnya.

 

Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah untuk menghadirkan pengalaman nyata dalam dunia industri kepada santri-santri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat kemampuan mereka dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sehingga mereka siap terjun ke dunia kerja dengan kualifikasi yang lebih baik.

 

Selama kunjungan industri ini, santri mendapatkan kesempatan berharga untuk memahami proses produksi percetakan, mulai dari desain grafis hingga proses pencetakan yang sesungguhnya. Mereka juga berinteraksi langsung dengan para profesional percetakan yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

 

Kunjungan ke dunia industri percetakan akan menjadi kegiatan rutin yang akan terus dilaksanakan oleh ekstrakurikuler Desain Komunikasi Visual Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, sehingga santri dapat terus memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bidang ini.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Ali Nurdiansyah, S.Pd, menurutnya belajar di lapangan itu sangat berguna bagi santri, karena mereka melihat langsung kejadian sebenarnya di dunia industri.

 

“Tidak semua santri itu memiliki kompetensi yang sama. Untuk itu, kita sebagai guru juga harus jeli mana santri yang konsen dibidang akademik dan mana yang vokasi,” ucap Pelatih Ekstrakurikuler DKV tersebut.

 

Dalam pertemuan tersebut, Angga selaku Manager Jaya Advertising mengungkapkan “Terima kasih banyak atas kunjungan dari santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang ke Jaya Advertising, moga santri kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat di bidang percetakan dan sukses kedepannya, dan kerjasama ini terus terbangun dengan baik,” ujarnya.

 

Dengan upaya seperti ini, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang berharap dapat melahirkan generasi yang siap bersaing di dunia kerja dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. (SEA)

Top of Form

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025