PERKAYA WAWASAN, SANTRI PONTREN KAUMAN GELAR KUNJUNGAN INDUSTRI PERCETAKAN DI PADANG PANJANG

Padang Panjang, Santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang  melakukan kunjungan ke CV. cover production cab. Padang Panjang, pada Rabu, 02 Oktober 2022.

Santri MTsm Kauman yang berjumlah 10 orang disambut oleh manager & karyawan CV. Cover Production. Santri dikenalkan dengan berbagai produk perusahaan termasuk proses produksi seperti spanduk, baliho,  stiker, banner, one way, dan lainnya. Selain itu, santri juga belajar bagaimana pemasaran & distribusi  produk-produk di kalangan masyarakat, lembaga, & instansi pemerintahan yang menjadi materi dalam kesempatan tersebut.

“Kunjungan industri merupakan program jangka panjang dari Ekskul Desain Grafis,  tidak hanya belajar secara teori & praktek di labor komputer, santri/i juga belajar di lapangan sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik,” jelas guru Ekskul Desain Grafis, Ali Nurdiansyah, S.Pd.

Lebih lanjut Ali mengungkapkan,  kegiatan ini juga mengacu kepada program yang digulirkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tahun 2021 yakni santripreneur. Dimana program ini  mendorong pertumbuhan & pengembangan wirausaha industri baru di lingkungan pondok pesantren, paparnya.

Manager Cover,    Ridho Ilham Afandi  mengatakan bahwa kami sangat senang jika ada santriwan/i  yang ingin belajar & menimba ilmu disini. Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah ilmu adik-adik semuanya, ujarnya.

Sementara itu, Kepala MTsM Kauman, Dra.Yuliar, mengatakan madrasah sangat mendorong adanya kegiatan kunjungan industri ini, dimana santri mendapatkan pengalaman baru untuk belajar yang lebih baik sesuai dengan kurikulum merdeka saat sekarang ini & mudah-mudahan program ini terus berlanjut kedepannya.

Ditambahkannya, “kami dari Madrasah berharap dengan program-program yang telah diinisiasi ekskul Desain Grafis, dapat mengembangkan wawasan santri terhadap dunia industri dan  dunia kerja, ucapnya”.

Salah satu santri Kauman, Fhelya, mendapat pengalaman baru yang tentunya berbeda dengan pembelajaran di kelas dan kunjungan tersebut semakin menambah wawasan.

 

” Saya mendaatkan pengalaman yang indah dan tentunya sangat berkesan bersama teman-teman. Dengan kunjungan ini menjadi bekal untuk melangkah ke masa depan, terutama ketika melihat sistem kerja disebuah perusahaan,” terangnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025