Pembukaan Visitasi Akreditasi MTsM Kauman Memukau Tim Assesor Akreditasi

Padang Panjang, Humas Kauman – MTsM Kauman Padang Panjang menerima kehormatan untuk menjalani visitasi akreditasi. Visitasi ini diadakan sebagai bagian dari proses penilaian kualitas pendidikan  yang diberikan oleh madrasah. Visitasi berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu (17-18/3).

Pembukaan visitasi yang dilaksanakan  di Aula Hamka, Kauman pada Jumat (17/3) ini dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padang Panjang Batipun X Koto/ Dikdasmen PDM PABASKO, Kepala Kantor Kementerian Agama/Kemenag  Padang Panjang beserta Kepala seksi Madrasah Kemenag, Tim Assesor Akreditasi dan didampingi oleh Mudir Kauman beserta Kepala MTs Kauman.

Dr. Derliana, MA, Mudir Kauman menyampaikan  ungkapan bahagia atas kehadiran tim assessor akreditasi, kedatangan tersebut sudah ditunggu-tunggu sebab ia menginginkan penilaian akreditasi MTsM Kauman sebelumnya berbasis dokumen dan hari ini adalah hari dimana semua kebenaran akan kinerja itu mampu diperlihatkan secara real agar dapat dilakukan verifikasi serta validasi.

Tim Assesor Akreditasi MTsM Kauman adalah Media Syofyanti, S.Pd., M.Eng dan Dance Yanriza, M.Si. Media menyampaikan bahwa kedatangan ke Kauman seperti mendapatkan keluarga baru. Ia menyampaikan bahwa Kunjungan yang dilakukan hanya bersifat sinkronisasi.

 

“Kami senang sekali dengan keluarga baru kami di Kauman ini. Kunjungan ini merupakan sinkronisasi data dan fakta. Semua berbasis kinerja. Adapun nilai yang diberikan dari visitasi ini adalah 85% untuk menentukan akreditasi yang terdiri dari Mutu lulusan (35%), proses pembelajaran (25%), mutu guru (15%) dan manajemen madrasah (15%)” ujar Founder Rumah Tahfiz Nayla tersebut.

 

 

Ia juga menambahkan “ Kita telah melihat sekilas keunggulan MTsM Kauman, ketika penyambutan dan berlangsungnya acara pembukaan visitasi akreditasi. Sekolah ini berhasil menyalurkan bakat serta minat anak-anak terlihat jelas dari penampilan Kesenian, Bela diri serta Tahfidz serta Master of Ceremony yang diperlihatkan hari ini” tuturnya

Kepala Kantor Kemenag,  Drs. Alizar, M. Ag mengungkapkan “Visitasi ini sangat bermanfaat karena sejatinya kita perlu dinilai, tidak hanya cukup dinilai oleh diri sendiri, koalisi maupun oposisi” singkatnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Majelis Dikdasmen mengutarakan “Sebelumnya MTsM Kauman memiliki akreditasi A dengan nilai 92. Kita selalu menginginkan yang terbaik. Kerja keras yang luar biasa selalu ditingkatkan di pondok ini, termasuk MTsM Kauman. Biasanya dalam membimbing akreditasi, ketika bimbingannya belum selesai penilaian akreditasi sudah datang, tapi di MTs ini berbeda kita sudah sering melakukan simulasi akreditasi.  Untuk itu guru-guru MTs percaya bahwa nilai 98 bisa diraih dalam penilaian tahun 2023 ini. Bukti dari kerja keras adalah pendaftaran santri MTs untuk tahun ajaran 2023/2024 sudah melebihi 130 orang” Ujar Drs. Syamsul Anwar.

Kepala MTsM Kauman, Dra. Yuliar menjelaskan bahwa “Kita berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas sehingga mampu menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan menjadi teladan dalam masyarakat”. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025