Pembukaan Kegiatan Kauman Super Camp (KSC) Spesial Ramadhan

Padangpanjang, Humas– Allah SWT telah menjamin kemudahan bagi orang yang mempelajari dan menghafal Alquran. Seperti ditegaskan dalam firman-Nya, “Dan sesungguhnya, telah Kami mudahkan Alquran itu untuk menghafalnya maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS al-Qomar [54]: 17).

Inilah Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat. Melalui program Kauman Super Camp (KSC) special Ramadhan yang diselenggarakan pada tanggal 21 Maret – 06 April 2023 bertujuan mewujudkan para muhaffidz yang mampu menghafal Alquran hingga lima juz.

Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA mengatakan, ada beberapa agenda dan target yang harus antum capai selama bulan Ramadhan.

“Pertama, kepada ananda yang mengikuti kegiatan dauroh tahfidz jangan sampai sia-siakan kegiatan tersebut. Ada target yang harus antum capai yakni hafalan 5 Juz. Jika ananda sudah mencapai target 5 Juz nanti, maka yang 5 Juz tersebut ananda persembahkan kepada orang tua di kampong masing-masing,” pungkasnya.

Kegiatan Dauroh Tahfidz dibagi menjadi  tiga tempat yakni di Sungai Tanang untuk santri MTs Putra, di Naini Resort Bukittinggi untuk MTs dan MA Putri, serta di PPSDM Kemndagri Regional Bukittinggi untuk MA putra.

Ia melanjutkan, kedua, kami dari pimpinan ponpes Kauman Padang Panjang juga melepas kegiatan Safari Dakwah Ramadhan (SDR) ke daerah-daerah baik dalam maupun luar provinsi Sumatera Barat.

“Umi dulu juga pernah melaksanakan kegiatan ini ke Palembang. Banyak pengalaman yang didapat & rintangan yang dihadapi. Jadi kepada ananda yang terjut ke lapangan nanti, umi berharap agar ananda semangat dalam melaksankan kegiatan. Apapun yang dilakukan dilapangan itu tidak semuanya berbuah manis jika kita bersosialisasi dengan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan Safari Dakwah Ramadhan (SDR) dilaksanakan di berbagai daerah seperti Medan, Bangkinang, Pekan Baru, Dumai, Jambi Kota, Palembang, Lubuk linggau, dan daerah lainnya.

Ditambahkannya, ketiga yakni Muqimin Camp, ananda yang memilih kegiatan ini tetap berada di Kauman Padang Panjang. Walaupun ananda bergiatan disini tetaplah komitmen dalam mengikutinya dan tak lupa pula mulai 1 Ramadhan ini umi berharap semua kita mengumpulkan infak guna pembangunan asrama Ponpes kauman,” ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Insan Adha Hasibuan mengatakanterima kasih kepada ananda yang juga memilih kegiatan Muqimin Camp begitu juga kegiatan yang diluar.

“Kepada ananda semuanya mari kita bersemangat dalam melaksanaan kegiatan di bulan Ramadhan ini dan malam nanti seluruh camp akan melaksanakan kegiatan pembukaan secara serentak,” ujarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025