Mengenal Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Yang Berhasil Antarkan Santrinya Ke Kampus Luar Negri Favorit

Padangpanjang– Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang dikenal rutin mengirimkan santri-santrinya untuk kuliah ke Perguruan Tinggi Luar Negri(PTLN). Tercatat sampai sekarang alumni Pondok Pesantren ini ada yang kuliah di Arab Saudi, Libya, Yaman, Sudan, Turkey dan Malaysia. Bahkan saat ini Pondok Pesantren sedang mempersiapkan santrinya kuliah ke Jepang, Belanda, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

 

Keberhasilan Pondok Pesantren yang berada di Jalan RI DT Sinaro Panjang, Kelurahan Tanah Pak Lambiak dalam mengantarkan santrinya kuliah ke Luar Negri ini tentu bukan diraih dengan cara yang instan.  Banyak cara dan metode yang dilakukan yang terangkum kuat pada pelaksanaan Kurikulum Pondok Pesantren.

 

Dr. Derliana, MA mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir Pondok Pesantren yang ia pimpin mengadopsi sistem pendidikan dari Finlandia dan Jepang. Hal ini berangkat dari kesempatan yang ia dapatkan mengunjungi dan belajar di pusat pendidikan yang ada di dua negara tersebut.

 

“Tahun 2018 saya berkunjung ke Finlandia, bonus dari prestasi menjadi kepala Madrasah Terbaik Nasional 2016. Di sana kami mengunjungi pusat pendidikan. Kami banyak belajar dari sana. Setahun kemudian saya berkesempatan juga mengunjungi negara Jepang. Di sana saya juga belajar banyak hal untuk mengembangkan Pondok Pesantren lebih baik lagi,” kisahnya. Jum’at (15/05)

 

Dijelaskannnya ada beberapa faktor pendukung yang membuat Pondok Pesantren yang berdiri sejak 1928 ini menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat yang ingin anaknya melanjutkan pendidikan di sini. Dijelaskan oleh Doktor yang baru saja dilantik sebagai wakil ketua Forum Guru Muhammadiyah Pusat ini beberapa faktor tersebut membuat pondoknya suskses antarkan santrinya kuliah di luar negri.

 

Metode Pembelajaran Berbasis STEM

 

Metode pembelajaran berbasis STEM merupakan suatu metode pembelajaran yang mana memaduan antara sistem pendidikan Finlandia yang mengutamakan keseteraan hak pendidikan dengan kedisiplinan ilmu pengetahuan yang ada di kurikulum Jepang. Metode ini menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu kasus. Pendekatan ini dinyatakan sebagai pendekatan pembelajaran abad-21 dalam upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia dengan kognitif, psikomotor dan afektif yang berkualitas.

 

Pendidikan pada dasarnya bersifat fleksibel, di mana pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan pada zamannya. Kemajuan teknologi yang signifikan mengubah cara berpikir, berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula halnya dalam proses belajar, terjadi perubahan cara belajar pada siswa. Muncul pula distraksi-distraksi maupun gaya dan metode belajar baru.

 

Di Pondok Pesantren Kauman para santrinya dibina untuk lebih meningkatkan skill atau kemampuan yang dikembangkan melalui pembelajaran STEM. Hal ini diyakini mampu memberikan kemampuan dasar kepada santri untuk membantu mereka agar dapat berhasil di sekolah maupun di luar sekolah. Melalui pembelajaran STEM, santri diharapkan lebih kuat pondasi ilmunya sehingga output sekolah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

 

Pesantren Robotik

 

Didasari atau tidak perkembangan teknologi mengharuskan lembaga pendidikan agar terus berpacu untuk melatih dan membina siswanya memiliki keterampilan dibidang tersebut. Dalam menjawab tantangan itu, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang menggalakkan pelatihan robotik bagi santrinya.

 

Sejak tahun 2018, Pondok Pesantren ini telah berhasil mengantarkan santrinya meraih prestasi yang prestesius di bidang Robotik. Hal ini juga yang mengantarkan Adzilla Haqqi salah satu alumni Pondok Pesantren dapat kuliah di Turkey berkat sertifikat juara kompetisi Robotik Nasional. Pada saat itu, Adzilla Haqqi dan tim meraih juara 2 Nasional membuat alat Deteksi Bencana Tsunami yang diperagakan di Jakarta.

 

Program Perguruan Tinggi bagi Santri Kelas XII

 

Salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Pondok Pesantren dalam mensukseskan lulusannya diterima di Perguruan Tinggi Nasional baik dalam maupun luar negri adalah dilakukan pembinaan Perguruan Tinggi.

 

Sejak awal semester, santri kelas XII telah dilakukan pembinaan Perguruan Tinggi. Mulai dari pengenalan kampus Favorit, kunjungan kampus, bimbel bersama pihak ketiga, dan juga mencarikan peluang-peluang beasiswa melalui jalur kader persyarikatan.

 

Di samping itu santri kelas XII juga dibina untuk lebih menguasai bahasa asing ataupun membuat essai sebagai syarat untuk mendaftar di perguruan Tinggi Luar Negri.

 

Inilah gambaran umum Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang. Jika putra-putri terbaik Indonesia tertarik masuk ke Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang, maka bisa mengetahui informasi lebih rinci di laman

https://kaumanpp.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025