MEMBUMIKAN QURAN DI KAUMAN DENGAN TASMI’ 1 DAN 5 JUZ

MEMBUMIKAN QURAN DI KAUMAN DENGAN TASMI’ 1 DAN 5 JUZ

 

Padang Panjang – Humas, Al-Quran bergema di seluruh seluk beluk Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang mengelar Tasmi’ 1 dan 5 Juz. Tasmi’ Al-Quran merupakan kegiatan memperdengarkan hafalan Quran guna memperkuat hafalan tersebut.

 

Terdapat 11 peserta tasmi’ yang terdiri dari 7 orang santri MTsM (1 juz) dan 4 orang santri MA KMM (5 Juz). Mereka adalah Akbar Latif, Rafa Dermawan, Satria Al Sidiq, Fariddudin Azfar, Nazhifa Nuzhatul, Celche Odelia dan Fatihatur Raudah untuk tingkat MTsM sedangkan tingkat MA KMM diikuti oleh Mutiara Ramadhani, Fauzan El Islami, Rafliandri Nurrahman dan Fatimah Yumna. Kegiatan ini digelar di enam ruangan di Pondok tersebut pada Sabtu (29/10/2022). 

Fathimah Zahara, Sh. A, S.Pd menegaskan “Tasmi’ Quran ini sudah menjadi program yang semarak dimasyarakat untuk memotivasi muslim agar lebih giat lagi dalam menghafal al-quran. Dengan adanya kegiatan ini akan mendorong dalam proses penguatan hafalan serta kita mampu membumikan al-quran di Kauman karena kegiatan ini kita adakan serentak di enam ruangan” Ujar Direktur Komunitas Tahfiz Haroen El Ma’any tersebut.

 

“Setiap peserta menempati satu ruangan yang masing-masingnya didampingi oleh Mustami’/ mustami’ah (pendengar). Kegiatan ini menjadi program bulanan yang mana setiap tanggal 1 hingga 25 adalah pendaftaran sedangkan tanggal 26 disetiap bulannya adalah hari seleksi. Kita awalnya meminta satu orang perwakilan setiap angkatan namun tidak menuntup kemungkinan bagi mereka yang ingin mestasmi’kan hafalannya. ”  Lajutnya

Fatimah Yumna, santri kelas X, mengungkapkan “Awalnya ragu mau daftar tasmi’, tapi kemudian disupport terus oleh ummi Fatimah, dan akhirnya baru pekan ini memutuskan untuk mendaftar dan ngebut juga sih dalam memurajaahnya. Alhamdulillah teman-teman support juga, mereka bergantian nyimakkin per satu juz di asrama,” Ujar santri dengan hafalan 15 juz tersebut

Mudir Kauman, Dr. Derlianan, MA mengungkapkan “Anak-anak umi, Allah telah berjanji bahwa terdapat kemudahan dalam al-quran seperti yang telah disebutkan dalam QS. Al-Qamar: 32. Umi sangat senang atas antusias antum ada 30 pendaftar tasmi ini. Terima kasih untuk Komunitas Tahfiz Haroen El Ma’any yang telah mempersiapkan acara ini. Semoga kita semua semakin semangat dalam menghafal quran dan anak-anak ummi yang hari ini belum menjadi peserta semoga bulan depan berkesempatan ikut tasmi ini, ”Tuturnya.

Di akhir sesi peserta tasmi’ diapresiasi dengan reward Rp 100.000 (1Juz) dan Rp. 500.000 (5 Juz ) (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025