Membentuk Kader Qur’ani, Pontren Kauman Gelar Mukhayyam Tahfidz Al-Qur’an

Dalam rangka memantapkan hafalan Qur’an santri kelas VIII  MTs dan kelas XI MA, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang adakan kegiatan Mukhayyam Al-Qur’an dengan tema ”Bersama Alquran Raih Kemuliaan”. Kegiatan ini  berlangsung selama 2 hari dimulai 22 Januari s/d 23 Januari 2023 yang bertempat di mesjid Al-Wustho Paninjauan, Agam khusus untuk santri putri.

Kegiatan Mukhayyam adalah agenda tahunan yang diikuti oleh seluruh santri Kauman Padang Panjang dan ini menjadi kegaiatan pesantren dalam mengisi waktu libur dalam menghafal Al-Qur’an. Setiap tahun santri Kauman melaksanakan Haflah Khatam Tahfidz sebagai salah satu syarat untuk menamatkan Pendidikan di pondok pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

Menurut wakil mudir bidang Pengasuhan santri Kauman mengatakan, semoga kedepannya agenda-agenda seperti ini dapat terus dilaksanakan  dan ditingkatkan hingga merasakan pengaruh Alquran dalam dirinya da santri menjadi generasi Qur’ani. Senada dengan Visi Pondok Pesantren Moderen Subullusalam “  Pusat Keunggulan Tamaddun Islam “.

“Menghafal adalah upaya menambah kedekatan santri dengan Alquran,dengan menghafal jiwa dan otak kita akan terus menyerap lantunan ayat – ayat Alquran yang diulang begitu banyak oleh lidah kita “ tambah Insan.

Ummi Wilda Hayati sebagai koordinator kegaiatan mengatakan bahwa mukhayyam yang diadakan sekarang dengan jumlah peserta  untuk MTs  18 orang sedangkan untuk MA 54 orang dengan didampingi oleh pembina asrama.

Untuk kedepannya kegiatan ini akan di program dan rancang lebih baik lagi dengan waktu yang lebih lama. Semoga santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menjadi generasi Hafidz dan Hafidzah.(AN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025