Belajar Ilmu Jurnalistik & Pertelevisian Santri Kauman Kunjungi Padang Tv

Padangpanjang, Humas – Sebanyak 41 orang santri Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang laksanakan kegiatan studi edukasi ke stasiun telelvisi Padang Tv pada Rabu(07/02).

Kegiatan ini bertujuan untuk belajar ilmu jurnalistik dan dunia pertelevisian sebagai penambah pengalaman santri dalam belajar. Kegiatan outhing class ini juga merupakan salah satu implementasi kurikulum merdeka yang dipakai oleh lembaga pendidikan saat ini.

Dalam kegiatan tersebut didampingi oleh guru pendamping Kauman, Ali Nurdiansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Padang Tv yang telah menyambut baik kedatangan rombongan dari Kauman.

“Saya mengycapkan terima kasih atas jamuan yang dibwrikan oleh pihak Padang Tv yang telah mau menerima santri kami untuk belajar banyak ke tempat ini. Dan kami juga berharap santri bisa belajar dan menambah pengalaman baru disini berupa belajar tentang ilmu jurnalistik dan pertelevisian.”, ucap Ali.

Ia menambahkan,”Di era 4.0 ini santri mesti melek akan teknologi, kenapa ? Karena selama ini kita selalu melihat tayangan televisi maupun membaca berita di media cetak dan online. Sekarang kita belajar bagaimana proses mulai dari perencanaan sampai dengan tahap produksinya di stasiun televisi ini”, pungkasnya.

Bertempat di Aula Convention Padang Tv, Asisten Manager program dan produksi, Hendri Septa menjelaskan akan penting belajar ilmu jurnalistik bagi santri Kauman Padang Panjang.

“Santri Kauman yang ingin memepelajari ilmu jurnalistik maka harus melalui beberapa tahapan yakni mulai dari perencanaan, pengambilan gambar, dan proses produksi. Nah, di Kauman dulu didirikan oleh Buya HAMKA dimana beliau juga orang yang bergelut di dunia jurnalistik dan juga sebagai penulis yang buku-bukunya sangat diminati oleh masyarakat lokal maupun di luar negeri”, kata Henri.

Ditambahkannya,”Dalam memepelajari ilmu pertelevisian juga seperti itu ada beberapa tahap yang harus kita lakukan agar hasil berita yang kita terbitkan berupa video jadi menarik dilihat orang. Nah, di Padang Tv sendiri cukup banyak program televisi yang kami tayangkan seperti Kuncindan Minang, detak sumbar, cerdas Quran, da lain sebagainya”, ucapnya.

Selanjutnya santri Kauman di ajak diskusi dan diberikan pertanyaan sebagai evaluasi penguasaan materi yang diberikan oleh bapak Hendri. Kemudian, kegiatan terakhir santri diajak ke ruangan atudio produksi dan dapur rekaman Padang tv.(Ali)

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025