Kuatkan Potensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pontren Kauman Gelar Upgrading

Padangpanjang — Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang menggelar upgrading untuk seluruh tenaga pendidik, kependidikan serta karyawan dalam lingkungan Pondok Pesantren tersebut. Kegiatan yang mengusung tema “Menggali Potensi, Mengembangkan Jati Diri, Meraih Prestasi untuk Generasi CERDAS Berkemajuan” ini dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu, (10-12/04).
 
“Kegiatan upgrading ini dilakasankan selama tiga hari dan diikuti oleh para semua tenaga pendidik, kependidikan serta karyawan yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang,” kata Dr. Derliana, M.A selaku Mudir saat membuka acara upgrading tersebut di Aula Buya HAMKA.
 
Derliana menambahkan, upgrading tersebut sangat penting bagi seluruh stakeholder yang ada di Pondok Pesantren karena untuk mencapai tujuan mulia dari Pondok Pesantren perlu kerjasama dan kerja Cerdas dari semua lini yang ada.
“Tenaga pendidik dan kependidikan harus selalu meningkatkan kapasitas. Baik keilmuannya maupun kemampuan leadership (kepemimpinan)-nya,” tuturnya.
 
Sebagai praktisi pendidikan, Derliana menyampaikan bahwa dalam dunia pendidikan saat ini, tidak hanya fokus kepada otak tapi juga anak-anak mesti disiapkan kuat secara Kognitif, Understanding, serta Afektif. Menciptakan anak-anak yg memiliki rasa yang tinggi, membangkitkan qolbu sehingga memiliki kepedulian yang tinggi.
Ia menuturkan bahwa semua praktisi pendidikan mesti memiliki dan menguasai tiga kompetensi. Pertama, mempunyai kecerdasan, ketangkasan, kekuatan dan keberanian. Kedua, tidak boleh menolak kemajuan teknologi. Ketiga, mempunyai kemampuan digital.
 
“Tenaga pendidik dan kependidikan harus menguasai digital agar bisa menerapkannya dalam kepemimpinannya. Pengetahuan terus berkembang. Teknologi informasi maju pesat. Kalau tidak diantisipasi dengan baik, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu akan menjadi ancaman. Namun, kalau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu diantisipasi dengan baik, maka akan menjadi tantangan,” ujarnya.
 
Dijelaskannya lagi bahwa dalam tiga hari upgrading secara garis besar kegiatan terbagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu Manajemen Diri dan Olah Rasa, Pelatihan Penggunaan Aplikasi Database Pondok dan Aplikasi Pembelajaran dan di hari terakhir sebutnya sosialisasi Undang-undang Pondok Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
 
“Sosialisasi ini penting kita lakukan karena ini merupakan sebuah pedoman bagi kita terkait dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Pondok Pesantren yang telah dirumuskan dan disusun oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Semuanya ini sudah diatur secara khusus untuk penyelenggara pendidikan Pondok Pesantren,” jelasnya.
 
Dilanjutkannya bahwa sebagai lembaga di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah, Pondok Pesantren Kauman wajib mengikuti semua aturan yang telah diatur dalam kitab undang-undang Pondok Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
 
Kedepan sebutnya semua akan dikuatkan pembagian tugas dan fungsi setiap elemen yang ada di pondok pesantren dengan mekanisme kelayakan dan kepatutan.
 
“Kita akan terus berbenah setiap waktu dan secara terus menerus. Dalam rangka mewujudkan Pondok Pesantren yang berkemajuan tentu semuanya tidak instan, semuanya mesti ada tahap demi tahap. Program demi program untuk sampai pada tujuan tersebut,” tutupnya. (JE)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025