KAUMAN Raih Kemuliaan Quran Dengan Daurah Itqan

Padang Panjang, Humas – Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang kembali mengadakan Daurah Itqon dengan tujuan memperkuat hafalan Al-Quran para santri. Sebanyak 39 santri kelas IX turut serta dalam program ini yang berlangsung di Masjid Taqwa untuk putra dan aula asrama putri untuk putri selama dua pekan, mulai dari tanggal 27 Februari hingga 09 Maret 2024.

Acara yang bertajuk “Bersama Al-Quran Meraih Kemuliaan” ini menjadi wujud nyata dari upaya pesantren KAUMAN dalam mendukung dan meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran para santri. Daurah Itqon telah menjadi agenda rutin yang sangat dinantikan oleh para santri, karena tidak hanya memperdalam hafalan Al-Quran, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih memahami makna-makna dalam Al-Quran.

Ketua panitia Daurah Itqon, Ustaz Zulfadhly, menjelaskan, “Daurah adalah tempat berkumpulnya kebaikan, sedangkan Itqon merupakan upaya untuk menguatkan. Daurah Itqon ini bertujuan untuk menguatkan kebaikan dalam hal hafalan Al-Quran.” Beliau juga menekankan pentingnya mengaplikasikan Al-Quran dengan menerapkan 4T, yaitu Tahfiz, Tulis, Tarjim, dan Tadabbur.

Mudir Pesantren Kauman, Dr. Derliana, MA, menegaskan, “Kegiatan ini mesti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kembali luruskan niat bahwa Daurah ini bukan hanya sebagai standar kompetensi kelulusan pondok, namun untuk meraih kemuliaan-Nya.”

Salah satu poin penting dari acara Daurah Itqon ini adalah pembinaan terhadap bacaan serta hafalan Al-Quran santri. Setiap harinya dimulai dengan tadarus, dilanjutkan dengan pembekalan Tahsin, murajaah, serta ziyadah hafalan guna memperkuat kualitas hafalan santri.

Diharapkan, acara Daurah Itqon ini akan memberikan dampak jangka panjang dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah, berpengetahuan luas, dan memiliki kualitas hafalan Al-Quran yang baik. Para peserta diharapkan dapat mengambil pengalaman dan pembelajaran dari acara ini ke dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta menjadi contoh bagi rekan-rekan mereka dalam mengejar prestasi akademik dan spiritual.

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025