Inovasi Pendidikan : Pontren Kauman Tawarkan Lebih dari 50 Cabang Ekstrakurikuler

Padang Panjang, Humas – ( 15/8/2023) Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang telah menjadi pusat pendidikan Islam yang dikenal luas dengan pendekatan pendidikan holistik. Menyediakan pendidikan agama dan ilmu pengetahuan secara seimbang, pesantren ini telah mengambil langkah lebih maju dengan menyediakan lebih dari 50 cabang ekstrakurikuler bagi para siswa.


Pada masa di mana pendidikan semakin meluas dan berkembang, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang memahami pentingnya memberikan pendidikan yang mencakup berbagai aspek dalam kehidupan. Oleh karena itu, dengan bangga Pontren Kauman mengumumkan bahwa kini terdapat lebih dari 50 cabang ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh para siswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.


Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA menyampaikan “Kita meyakini bahwa setiap anak itu unik dengan bakat dan minatnya masing-masing. Dengan ragam pilihan ekstrakurikuler ini, kita berharap dapat membantu siswa mengembangkan potensi mereka di luar pelajaran akademis utama. Hal ini juga membantu mereka memperluas wawasan, membangun kepercayaan diri, dan mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari” tutur Kepala Madrasah berprestasi tingkat Nasional tersebut.

Dari cabang-cabang ekstrakurikuler ini, siswa dapat memilih dan mengembangkan diri dalam berbagai bidang seperti olahraga, seni, budaya, sains, teknologi, Bahasa dan banyak lagi. Beberapa contoh cabang ekstrakurikuler yang ditawarkan termasuk:
Olahraga: Sepak bola, bola basket, bulu tangkis, renang, atletik, tapak suci dan lain-lain.
Seni dan Budaya: Tari tradisional, Seni Lukis
Ilmu Pengetahuan: Olimpiade Matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi dan lain-lain.
Teknologi: Robotika, koding, pemrograman website, desain grafis, teknik elekro, podcast dan lain-lain.
Keterampilan: Tata rias, tata boga, tata busana dan handycraft
Linguistik : Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Scrabble, English Debate, News Reading, TOEFL, Jurnalistik, Puisi
Keagamaan : MFQ, MTQ, MQK, Mu’adzin, Khutbah, Imam dan sejenisnya.
Kepemimpinan dan organisasi : PIK-R, KKR, IPM, Protokoler dan lain-lain.

Pihak pesantren sangat mengapresiasi partisipasi dan dukungan dari guru-guru serta tenaga pendidik yang berdedikasi dalam mengelola dan mengawasi berbagai kegiatan ekstrakurikuler ini. Dengan semangat “pendidikan untuk kehidupan,” Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang komprehensif bagi para siswa dan mendorong mereka untuk menjadi individu yang berkualitas dalam berbagai bidang.


Dengan adanya lebih dari 50 cabang ekstrakurikuler yang tersedia, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang semakin memperkaya pengalaman pendidikan para siswa dan menjadikan lingkungan pendidikan mereka sebagai tempat yang penuh dengan peluang dan potensi. (SEA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025