Extraordinary Achievement : KAUMAN Islamic Boarding School Hosts Collective Quran Recitation Event “Tasmi’ Jama’i” to Enhance Students’ Memorization Skills

Padangpanjang, HUMAS-Tasmi’ Jama’i 1 juz adalah puncak dari rangkaian agenda karantina tahfiz yang dilaksanakan oleh seluruh santri Pontren KAUMAN Muhammadiyah Padangpanjang.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2023 ini bertujuan tidak hanya untuk menguatkan hafalan santri tapi sistem interaksi bersama Al Qur’an semakin berkelanjutan.

Ogi Faturrahman, S.Hum mengatakan bahwa spirit bersama Al Qur’an bukan sekedar hafalan saja namun perlu ada tindak lanjutnya, salah satunya adalah dengan kegiatan Tasmi’ Jama’i ini.

“Peningkatan hafalan bisa diuji dengan tasmi’ ini karenanya hafalan tidak sekedar setor ayat saja, perlu barometer ketercapaian hafalan. Salah satunya adalah kegiatan ini,” ujarnya.

Ogi yang bertindak selaku direktur tahfiz Pondok Pesantren menambahkan bahwa program Tasmi’ akan memstimulus santri untuk terus bersama Al Qur’an. Pihaknya berharap kedepannya santri akan lebih tekun lagi dengan Al Qur’an.

“Dengan adanya tasmi’ jama’i ini, diharapkan santri lebih memotivasi dirinya. Karena motivasi terbaik datangnya dari diri kita sendiri, jika motivasi tersebut datangnya dari orang lain atau dari luar, maka hanya bersifat “Fluktuatif” saja, kondisi tidak tetap atau berubah-ubah,” ujarnya.

Diharapkannya bahwa santri mesti istiqamah dan usaha maksimal untuk mempertahankan hafalan yang sudah dimiliki. Dengan begitu kebaikan dan keberkahan bersama Al-Qur’an semakin melekat di dalam diri santri.

Sejalan dengan itu, Mudir Pontren KAUMAN, Dr. Derliana, MA, mengungkapkan bahwa kegiatan tasmi’ sebagai metode pondok pesantren KAUMAN dalam rangka memberikan dorongan sekaligus motovasi kepada santri untuk lebih semangat dalam menghafal serta melancarkan hafalannya.

Menurutnya saat ini kebanyakan santri terkadang hanya fokus dalam menambahkan hafalannya saja, sehingga lupa dengan hafalan sebelumnya. Oleh karena itu, perlu penguatan hafalan. Salah satunya adalah tasmi’ ini.

“Santri kita memang setiap hari berinteraksi dengan Al Qur’an, menghafal dan mempelajarinya dengan baik. Walaupun begitu, kita tetap membersamai santri untuk terus mendekatkan diri dengan Al Qur’an. Ini salah satu bentuk metode dalam memberikan penguatan terhadap hafalan santri kita,” tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025